TEKNOLOGI

Printer Ini Diklaim Tercepat di Dunia

Bisa mencetak satu halaman kurang dari satu detik.
Kamis, 7 Maret 2013
Oleh : Muhammad Chandrataruna, Amal Nur Ngazis
Printer HP Officejet Pro X576
VIVAnews - Hewlett-Packard (HP) baru saja meluncurkan printer yang diklaimnya tercepat di dunia, HP Officejet Pro X. Printer ini mengusung konsep printer inkjet yang cepat dan efisien di segi biaya.

Seri Officejet Pro X yang diluncurkan yaitu HP Officejet Pro X476 Color MFP dan HP Officejet Pro X451 untuk kategori printer desktop tercepat, serta HP Officejet Pro X551, HP Officejet Pro X576 Color MFP untuk kategori printer tercepat dunia.

Mengapa dibilang tercepat? Printer yang membidik kalangan UKM ini mampu mencetak dokumen kualitas tinggi dengan kecepatan hingga 70 halaman per menit (ppm), setara kurang dari 1 detik per halaman, 2,5 kali lebih cepat dibandingkan kecepatan printer laser, berkat dukungan teknologi HP PageWide.

Teknologi pendukung kecepatan cetak dokumen itu menghadirkan empat warna tinta pigmen orisinal HP, dan printhead tetap dalam posisi statis alias tak bergerak. Sehingga, mesin HP Office Pro X bisa mencetak dengan cepat.

"Kebutuhan printing di perkantoran masih tinggi, jadi HP akan terus memanfaatkan kesempatan ini melalui seri HP Office Pro X," jelas Ellya, Marketing Development Inkjet Printer System HP PPS Indonesia di Mega Bazaar Computer (MBC) 2013 di JCC Senayan, Jakarta, Kamis 7 Maret 2013.

Untuk menjaga kualitas cetakan, HP Office Pro X didukung katrid tinta HP 970 dan 971, di mana hasil cetakan cepat kering dan tinta pigmen bisa bertahan lama. Fasilitas katrid ini memungkinkan printer mampu mencetak 9.200 halaman.

Dari segi efisiensi, biaya cetak per halaman diklaim 50 persen lebih hemat dibandingkan pemakaian toner pada printer laser. Biaya cetak per lembar seri printer ini yaitu Rp678, sementara ongkos cetak pada printer laser dengan kurang lebih Rp1.621.

Kemudahan dan fleksibilitas percetakan juga dikedepankan dengan fasilitas panel layar sentuh. Memanfaatkan koneksi Internet, seri HP Officejet Pro X ini memungkinkan percetakan melalui perangkat ponsel pintar, cukup dengan pengaturan mudah.

HP Officejet Pro X sudah tersedia di pasar Maret 2013. Model single fungtion HP Officejet Pro X451 dibanderol Rp5,88 juta, dan model multifungtion printer (MFP) HP Officejet Pro X476 dipatok Rp8,245 juta. (umi)
TERKAIT
    TERPOPULER