Asupan Terbaik untuk Kesehatan Mental

Ilustrasi tiram
Sumber :
  • REUTERS/Regis Duvignau
VIVAlife -
Elite Gerindra Sebut Polri Sudah "On the Track" Tangani Kasus Firli Bahuri
Ada ungkapan kalau Anda adalah apa yang Anda konsumsi. Ini menggambarkan kalau asupan sangat mempengaruhi kehidupan. Tak hanya pada fisik tapi juga psikologis.

Tegas! Nikita Mirzani Coret Nama Lolly dari KK, Hak Waris, dan Asuransi: Sudah Gak Peduli!

Ada beberapa makanan yang bisa memicu emosi negatif. Misalnya makanan kaya lemak dan minyak akan membuat jadi mudah marah. Tapi ada juga makanan yang berfungsi sebaliknya. Membuat emosi lebih stabil dan menjaga kesehatan mental Anda secara keseluruhan.
Tak Melulu Konsumsi Pil Vitamin, Ini 5 Buah yang Mengandung Vitamin C Tinggi


Makanan, seperti dilansir dari
Health Me Up
, mengandung asam amino yang memicu produksi serotonin. Serotonin ini memiliki kemampuan untuk membuat perasaan lebih tenang, bahagia dan mengurangi risiko stres. Perbanyak saja konsumsi asupan ini demi kesehatan mental Anda.


1. Ikan laut

Kandungan omega tiga pada ikan laut sangat tinggi. Senyawa tersebut sangat efektif untuk mengatasi stres dan depresi dari dalam. Saat stres, cobalah konsumsi beragam menu ikan laut.


2. Tryptophan

Makanan kaya tryptophan atau senyawa protein juga bisa diandalkan untuk kesehatan mental Anda. Senyawa ini banyak terdapat pada ayam, tuna, kedelai, salmon dan tiram.


3. Antioksidan

Perbanyak juga konsumsi makanan dan minuman kaya akan antioksidan, seperti jus jeruk, strawberry atau teh hijau. Jadikan buah-buahan segar sebagai cemilan. Hindari kopi dan minuman bersoda karena bisa menurunkan level serotonin secara signifikan.


4. Selenium

Gandum untuh, hidangan laut, daging dan kacang-kacangan mengandung selenium tinggi. Selenium diketahui sangat baik untuk menstabilkan emosi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya