TEKNOLOGI

FOTO: Meteor Ini Tak Berbahaya, Justru Mempesona

Bileski memotret meteor yang dipenuhi cahaya langit utara.

ddd
Rabu, 3 April 2013, 06:40 Muhammad Chandrataruna, Amal Nur Ngazis
Foto meteor yang jatuh di atas Pantai Patricia, Kanada
Foto meteor yang jatuh di atas Pantai Patricia, Kanada (Flickr - shannbil@hotmail.com)

VIVAnews - Mungkin Anda dan banyak orang lainnya, membayangkan bahwa meteor selalu mengancam dan berpotensi meluluhlantakkan Bumi. Tapi, kenyataannya tidak demikian.

Meteor yang satu ini berbeda dengan meteor di Rusia. Anda bisa melihat benda langit ini dari perspektif yang berbeda. Sejatinya, tidak semua hujaman meteor ke Bumi menimbulkan ancaman. Kadang hunjaman meteor justru menyuguhkan pemandangan langit yang menakjubkan.

Momentum indah itu tertangkap oleh fotografer Shannon Bileski dalam salah satu jepretannya, Jumat lalu, 29 Maret 2013, di Pantai Patricia, Kanada. Bileski memotret meteor yang dipenuhi cahaya terang di langit (aurora) yang berwarna hijau, Aurora borealis.

Bileski menuturkan, dilansir Petapixel, 3 April 2013, saat itu ia berada di pantai untuk menyaksikan dan memotret cahaya langit utara bersama anggota klub fotografi dan astronomi.

Aurora itu kemudian muncul dan hilang sepanjang malam. Tapi, ketika orang-orang mulai mengemasi peralatan kameranya, sekitar pukul 11.10 malam, cahaya hijau di langit pantai intensif.

Bileski kemudian mengambil beberapa jepretan dengan kamera Nikon D800 dan Nikon 24-7-mm dengan lensa f/2.8 dengan pengaturan f/3.2, 8s dan ISO 800.

Tiba-tiba, salah satu dari pencahayaan selama 8 detik itu, ada
cahaya intens yang beruntun di langit dengan kedipan hijau terang.

Ternyata, belakangan disadari, cahaya itu adalah meteor yang telah terbakar di atmosfer. Mujur bukan main, Bileski berhasil mengabadikan peristiwa langka dalam rangkaian foto. "Sangat menakjubkan," ujarnya.

Berikut foto-fotonya:

 



© VIVA.co.id
Share :  
Rating
KOMENTAR
KIRIM KOMENTAR

Anda harus login untuk mengirimkan komentar

 atau 
  
MOMENTUM
  • Info Momentum
Info Pemasangan Momentum:
Telepon: 021-5610-1555 / Sales
Email: salesteam@vivanews.com