TEKNOLOGI

Home, Fitur Spesial Facebook untuk Android

Hadir perdana di HTC First. Apa kelebihannya?
Jum'at, 5 April 2013
Oleh : Muhammad Chandrataruna
Tampilan Facebook Home
VIVAnews - Masih ingat berita tentang ponsel Facebook? Sesuai jadwal, seperti dikabarkan VIVAnews sebelumnya, Facebook dan HTC meluncurkan ponsel yang memboyong fitur anyar: Facebook Home.

Namun, perkiraan nama ponsel itu meleset. Tadinya, ponsel itu diduga bernama HTC Myst. Namun, HTC dan Facebook baru saja memperkenalkannya dengan nama HTC First.

Facebook Home. Apa keunggulannya?

Alih-alih menjaga agar pengguna tidak berpaling ke aplikasi lain di luar Facebook, Home secara otomatis muncul di laman utama ponsel. Dengan antarmuka yang dikemas menarik, segala info terbaru disuguh secara real-time di laman muka.

Bagi Facebook, Jan Dawson, seorang analis dari Ovum mengatakan, Home memungkinkannya untuk melacak perilaku pengguna dan memperbesar peluang iklan.

"Pengguna pun diuntungkan. Lebih mudah dan cepat mengakses pesan dan berbagai informasi di dalam Facebook di laman depan, termasuk foto," ungkap Dawson, seperti dikutip The Star, Jumat 5 April 2013.

Wajah "Home"


Di bagian muka, pengguna akan disuguhi berbagai info terbaru dari teman-temannya pada kolom bernama Cover Feed, termasuk foto, status, panggilan tidak terjawab, SMS, chat, dan sebagainya.

Semua info tersebut bisa disantap dengan menyapu jemari pada layar, meski dalam keadaan terkunci. Pengguna bisa langsung meninggalkan komentar atau sekadar "Like" status dan foto teman.

Selain itu, terdapat fitur "Chat heads", berupa avatar teman-teman Anda, yang bisa diklik jika ingin berinteraksi dengannya. Ketika berkirim pesan Facebook, tampilan SMS dan pesan Facebook muncul dalam satu inbox. Dan, pada peluncur aplikasi tersedia akses ke fungsi-fungsi telepon lain.

"Kenapa kami menempatkan semua aplikasi pada tempat yang pertama dilihat untuk mengetahui apa saja yang terjadi pada orang-orang sekitar kita?" tanya Chief Executive Officer (CEO) Facebook, Mark Zuckerberg.

"Rata-rata orang tidak ingin ketinggalan informasi tentang teman-teman mereka, dan Home adalah jawaban terbaik dari Facebook untuk pertanyaan itu," tandasnya.

Sementara ini, Home baru tersedia eksklusif untuk HTC First, yang bisa dipesan di Website Facebook Home. Namun, hanya tersedia melalui AT&T, operator terbesar di AS.

Aplikasi ini baru bisa diunduh secara gratis mulai 12 April mendatang oleh seluruh perangkat berbasis OS Android.

Untuk mengetahui seperti apa tampilan Home, Anda bisa mengintip video resmi yang diunggah Facebook di YouTube berikut ini:

(art)

TERKAIT
TERPOPULER