Menkominfo Kritik Pedas Kualitas Konten Penyiaran

Menkominfo Tifatul Sembiring Berkunjung ke VIVAnews.com
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVAnews - Pertumbuhan industri penyiaran Indonesia dinilai bagus. Potensi ini diharapkan bisa mengedukasi masyarakat pelaku industri penyiaran untuk selalu menghasilkan konten-konten yang berkualitas.

Di sela pembukaan Indonesia Broadcasting Expo (IBX) 2013, hari ini di Balai Kartini, Jakarta, Menteri Komunikasi dan Informatika Tifatul Sembiring mengatakan, pertumbuhan industri telekomunikasi dan penyiaran mencapai 10 persen.

Sopir Truk Penyebab Kecelakaan di GT Halim Ternyata Masih Anak-anak, Bos Akan Diperiksa

"Artinya, ini di atas rata-rata pertumbuhan nasional," kata Tifatul.

"Potensi sebesar itu harusnya memberikan semangat tayangan program berkualitas, terutama konten pada televisi. 90 persen orang Indonesia kan nonton TV," tandas Tifatul, yang merujuk pada konten saluran BBC Knowledge.

Menteri yang suka berpantun ini juga menyinggung para pelaku industri yang masih kerap mengantarkan konten penyiaran yang kurang berkualitas. Pemberitaan soal Eyang Subur pun diseret-seret.

Zulhas Enggan Revisi Aturan Barang Bawaan dari Luar Negeri: Bayar Pajak Dong!

"Apa tidak ada hal yang lebih penting lagi dibanding Eyang Subur? Jangan jadikan rating AC Nielson sebagai 'berhala' baru," ujar Tifatul. Dia pun meminta audit lembaga rating yang ada di Indonesia.

Untuk itu, Kominfo juga berinisiatif membuat rating penyiaran secara mandiri, dengan menggandeng kalangan universitas. "Nanti kita akan lihat bagaimana tanggapan masyarakat," ucapnya.

Gelaran IBX 2013 diikuti sekitar 30 industri penyiaran Indonesia, meliputi seluruh TV nasional, TV jaringan, TV berbayar serta vendor telekomunikasi dan penyiaran.

IBX 2013 diselenggarakan selama tiga hari, 18-20 April 2013 di Balai Kartini, Jakarta. Selama tiga hari itu, pengunjung dapat menikmati seminar, workshop, dan hiburan acara televisi nasional secara langsung di tempat. (sj)

Sidang Lanjutan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum di MK

KPU Sebut Gugatan Ganjar-Mahfud yang Singgung Jokowi Salah Sasaran

KPU RI menilai gugatan kubu Ganjar-Mahfud yang menyinggung soal penyalahgunaan kekuasaan Presiden RI Jokowi salah sasaran.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024