Lima Bahan Anti-Bom di Masa Depan

Bahan anti-bom
Sumber :
  • gizmodo.com
VIVAnews
Pelatih Timnas Brasil Peringatkan Real Madrid soal Endrick
- Ledakan bom pada ajang maraton internasional di Boston, Amerika Serikat, telah memicu kekhawatiran penduduk dunia. Tidak ada tempat yang benar-benar aman dari ledakan bom.

KLHK: 3,37 Juta Hektare Lahan Sawit Terindikasi Ada dalam Kawasan Hutan

Ketika bom meledak, sulit untuk bisa menghindar. Bahkan, secepat apapun bergerak, dampak bom masih akan tetap terasa. Untuk menghindari bom perlu sesuatu bahan yang dapat melindungi Anda.
BI Catat Modal Asing Kabur dari Indonesia Rp 1,36 Triliun


Seperti diberitakan Gizmodo , Kamis 18 April 2013, berikut ini ada lima bahan anti-bom terbaik untuk menyelamatkan nyawa manusia di masa depan.


1. Beton tahan ledakan

Penelitian yang dilakukan oleh University of Liverpool, Inggris, telah mengembangkan beton jenis baru yang anti-bom. Bahan-bahannya terdiri dari kandungan semen yang lebih banyak, kandungan air yang lebih sedikit, dan tambahan pasir jenis silika.


Namun, kunci kekuatan dari beton anti-bom itu berasal dari serat baja. Kekuatan dari beton serat baja lebih kuat 10 kali dari beton berisi potongan-potongan baja.


2. Kaca tahan gempuran

Anda pasti berpikir kalau kaca tidak akan tahan terhadap ledakan bom. Salah besar. Anda tahu kaca mobil kepresidenan Barack Obama yang pada awalnya tebal lebih dari novel 300 halaman.


Tapi, kini peneliti dari Direktorat Sains dan Teknologi Departemen Keamanan Dalam Negeri, Amerika Serikat, sedang mengembangkan kaca anti bom menjadi lebih tipis. Tujuannya agar kaca tersebut bisa lebih mudah digunakan pada bangunan dan mobil.


3. Plastik tahan ledakan

Pada tahun 1990, ada seorang penemu amatir bernama Maurice Ward, yang muncul di TV Inggris sedang memamerkan plastik supermaterial yang tahan hancur.


Pria itu mengatakan, plastik temuannya yang diberi nama Starlite tidak akan hancur saat berada di suhu 1.000 derajat celcius. sSelain itu, Starlite juga bisa menahan ledakan nuklir.


Namun, sangat disayangkan Ward wafat pada tahun 2011, tanpa menjelaskan bahan-bahan dasar dari Starlite kepada peneliti lain. Tapi, harapan masih ada. Saat diwawancarai TV, Ward pernah mengatakan bahwa keluarganya mengetahui cara membuat Starlite.


4. Kain tahan ledakan

Kain yang diberi nama Zetix ini ampuh menahan ledakan bom. Struktur kainnya dapat menyerap dan menyebarkan energi, sama seperti prinsip auxetics (bahan elastis yang memiliki sifat mekanik untuk menyerap energi).


Zetix adalah kain yang dapat mengusir energi dari ledakan bom. Penggunaan kain ini cocok sebagai pelindung tubuh yang diaplikasikan menjadi pakaian.


5. Wallpaper anti-bom

Semua orang menginginkan rumahnya aman dan nyaman. Tapi, kebanyakan rumah-rumah yang ada di dunia sangat mudah dihancurkan oleh bom. Sekarang tak perlu khawatir, sudah ada teknologi kertas dinding (wallpaper) anti-bom untuk memastikan rumah aman dari ledakan bom.


Anda pasti tertawa membaca ada wallpaper anti-bom. Ini benar-benar ada. Diciptakan oleh Berry Plastics dengan bekerjasama dengan US Army Corps of Engineers.


Lapisan yang bernama X-Flex khusus dirancang untuk melindungi struktur dinding bagian depan rumah dari ledakan bahan kimia, bencana alam, dan ledakan bom.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya