Terungkap, Kehidupan Sebelum Bumi Terbentuk

Citra Bumi dari luar angkasa
  • blogspot.com
VIVAnews -
Persib vs Bhayangkara FC Imbang, Begini Komentar Bojan Hodak
Peneliti terus berupaya menyibak asal usul kehidupan paling awal. Baru-baru ini, ahli genetika dari Amerika Serikat mengungkapkan kemungkinan adanya kehidupan sebelum Bumi terbentuk yang berasal dari luar Tata Surya.

Golkar: Kabinet Tidak Boleh Dibatasi karena Prerogatif Presiden

Dailymail
Kemenko Polhukam Susun Rencana Bangun Sistem Pertahanan Semesta di IKN
melansir, Senin 22 April 2012, hasil penelitian menunjukkan kehidupan pertama muncul sekitar 10 miliar tahun yang lalu, jauh sebelum munculnya Bumi. Sebagaimana diketahui, usia Bumi diperkirakan 4,5 miliar tahun.

Sejumlah ilmuwan yang melakukan studi ini adalah Alexei Sharov dari National Institute on Ageing Baltimore dan Richard Gordon dari Gulf Specimen Marine Laboratory Florida. Keduanya mengadopsi Hukum Moore, salah satu hukum dalam komputer, untuk mengungkap kehidupan terawal di muka Bumi.

Hukum ini menjelaskan tingkat pertumbuhan kecepatan mikroprosesor yang mengikuti rumusan eksponensial. Hukum Moore menyatakan kompleksitas sebuah mikroprosesor akan meningkat dua kali lipat tiap 18 bulan sekali.

Lantas kedua ilmuwan berpendapat hukum Moore dapat digunakan untuk mengukur kompleksitas dan tingkat kehidupan dari
prokariota (
makhluk hidup tak punya membran inti sel),
eukariota
(mahluk hidup dengan membran inti sel) sampai makhluk yang lebih kompleks seperti cacing, ikan, dan mamalia.

"Regresi linear kompleksitas genetik kemungkinan mengarah ke satu pasangan dasar yang menunjukkan waktu asal usul kehidupan yaitu 9,7 ± 2,5 miliar tahun lalu," paparnya dalam sebuah makalah yang diterbitkan jurnal online
Arxiv
.

Teori itu mendukung gagasan panspermia, teori yang menyatakan bahwa bentuk kehidupan yang dapat bertahan dari dampak ruang angkasa atau
extremophile
(organisme yang hidup dalam kondisi ekstrim). Organisme ini terperangkap pada puing-puing luar angkasa setelah tabrakan antara asteroid dan planet-planet.

Bentuk kehidupan itu diperkirakan terhenti selama beberapa waktu sebelum adanya tabrakan secara acak dengan planet lain atau pembauran dengan piringan proto planet.

Setelah itu, ketika bertemu dengan kondisi ideal pada permukaan sebuah planet baru, bakteri jadi aktif. Dan, proses evolusi dimulai.

"Memang ada banyak unsur hipotetis, tapi untuk membuat pandangan yang lebih luas, Anda membutuhkan beberapa elemen hipotetis," kata Sharov.

"Kontaminasi dengan spora bakteri datang dari luar angkasa memunculkan hipotesis yang paling masuk akal untuk menjelaskan bagaimana kehidupan awal di Bumi terbentuk," jelas keduanya.

Sharov bahkan sangat yakin dan berani bertaruh. "99 persen benar bahwa memang sudah ada kehidupan sebelum Bumi. Tapi, kami harus menyisakan satu persen untuk beberapa kemungkinan lain," ujarnya. (eh)