HP Meringkas Ukuran Server Jadi Minimalis

Hewlett-Packard Moonshot
Sumber :
  • hp.com
VIVAnews -
Sandiaga Akui Sarankan PPP Segera Gabung ke Koalisi Prabowo-Gibran
Ledakan akses Internet membuat tren ledakan data yang sangat signifikan. Pada kondisi itu, kehadiran infrastruktur yang dapat menjamin kualitas akses data dibutuhkan, seperti unit data center. Namun, untuk membangun data center bukanlah perkara gampang.

Rafael Struick Absen Bela Timnas Indonesia di Semifinal Piala Asia U-23

Hewlett-Packard (HP) menawarkan solusi lain, HP Moonshot. Dalam peluncurannya, 24 April 2013 di Oakwood, Kuningan, Jakarta, HP mengatakan penambahan data center butuh banyak pertimbangan, dilihat dari segi kapasitas, penggunaan energi, dan biaya operasional.
Mobil Harvey Moeis Disita Lagi, 2 Ferrari dan 1 Mercy


Hal itu diungkapkan Hotland Jeffry D Tambunan, Direktur Industry Standard Server Enterprise Group HP Indonesia. "Moonshot menawarkan pengelolaan yang efisien, dan tiga kali lebih cepat dibandingkan server tradisional," ujarnya.


Moonshot mengusung server dengan desain minimalis, beda dengan server tradisional yang tergolong besar. Dalam satu casis, Moonshot mempunyai 45 slot catridge berbasis Intel Atom S1200.


Moonshot juga mengadopsi desain
system on chip
(SOC). Semua bagian, di antaranya prosesor,
storage controller,
disederhanakan dalam sebuah chip, layaknya chip pada ponsel. Desain ini membuat bentuk server menjadi kecil dan ringkas, hemat ruang.


Hotland mengklaim server Moonshot memiliki 80 persen lebih hemat ruang, 77 persen lebih hemat biaya, 89 persen lebih hemat energi, dan mampu mengakomodasi 97 persen kompleksitas.


Soal performa, server ini diklaim lebih responsif, karena infrastuktur catridge dikhususkan untuk menjalankan kebutuhan tertentu. "Server ini khusus untuk mendukung
web-hosting
atau perusahaan yang memiliki layanan Web yang masif. Hanya itu saja," Hotland menambahkan.


Server Moonshot ini bukan untuk menggantikan produk server HP sebelumnya, seperti x86, x86Rack, x86 Balde, melainkan sebagai pelengkap server yang sudah ada.


Server minimalis dengan 45 catridge ini dibanderol mulai US$61.875, setara Rp601 juta.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya