Siaran TV Digital Segera Digelar di Indonesia

Ilustrasi siaran televisi.
Sumber :
  • VIVAnews/Muhammad Firman
VIVAnews -
Bawa Kabar dari Tanah Suci, Peran Media Optimalkan Penyelenggaraan Ibadah Haji
Penyelenggaraan siaran Multipleksing TV Digital diharapkan bisa dimulai pada pertengahan tahun ini. Sebelum itu, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) akan mengevaluasi kesiapan dari pemenang Penyelenggara Penyiaran Multipleksing TV Digital Tahap I.

Sekjen PKS: Kalau Pak Prabowo Datang Kita Akan Beri Karpet Merah Sebagai Presiden Pemenang

"Kami harus pastikan, pemenang betul-betul sudah siap atau belum. Dari aspek transmisi, sudah oke atau belum. Lalu, begitu juga dengan aspek SDM. Evaluasi dilakukan sangat komprehensif," ungkap Kepala Pusat Informasi dan Hubungan Masyarakat Kemenkominfo, Gatot S Dewa Broto, di Jakarta, 29 April 2013.
Hattrick! Pendeta Gilbert Dilaporkan Lagi soal Penistaan Agama ke Polda Metro


Gatot menjelaskan, evaluasi pemenang tidak akan mempengaruhi status seleksi TV digital yang telah ditetapkan pada 30 juli 2012 silam. "Hanya saja jika ada kekurangan akan diperbaiki," katanya.


Setelah hasil evaluasi diberikan, Kemenkominfo mengharapkan dua bulan kemudian para pemenang siaran TV digital dapat meluncurkan siarannya.


Set-Top Box


Saat peluncuran siap, Gatot berharap, pemenang juga membagikan perangkat bantu untuk mengubah siaran analog ke digital
(set-top box)
, sebagaimana komitmen pemenang saat mengikuti seleksi siaran digital.


Distribusi
set-top box
diatur agar tidak tumpang tindih, yaitu satu rumah mendapatkan satu perangkat bantu tersebut. "Perlu diperhatikan, harapan pemerintah, penerima alat itu adalah mereka yang ada di lapisan bawah," ujarnya.


Pihak Kemenkominfo sudah menyiapkan 250 ribu unit
set-top box
sementara pemenang siaran menyediakan 6,8 juta unit
set top box
.


Untuk diketahui, pada 30 Juli 2012 silam, Kemenkominfo telah mengumumkan 23 pemenang Penyelenggara Penyiaran Multipleksing Televisi Digital pada Zona 4, Zona 5, Zona 6, Zona 7, dan Zona 15.


Zona ini merupakan seleksi TV digital tahap I yang meliputi Pulau Jawa dan Kepulauan Riau. Pemenang tahap I ini meliputi stasiun TV BSTV, RCTI, B-Channel, Semenanjung TV, JTV, dan Carlita TV. (eh)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya