VIDEO: Adu Tangguh Layar iPhone 5 dan Galaxy S4

Samsung Galaxy S4 dan Apple iPhone 5
Sumber :
  • biggone.com

VIVAnews - Rasanya lazim jika melihat Samsung Galaxy S4 dan Apple iPhone 5 dibanding-bandingkan, dari sisi spesifikasi, benchmark, sampai hasil uji. Tapi, apa jadinya jika kedua ponsel canggih ini diadu daya tahannya.

Dari sisi layar, Galaxy S4 hadir dengan teknologi Super AMOLED 5 inci. Sementara itu, layar iPhone 5 dibekali dengan LCD In Plane Switching (IPS). Berbekal kualitas layar tersebut, manakah dari keduanya yang punya daya tahan lebih kuat?

Penasaran dengan hal itu, seorang pemuda dari TechSmart menguji ketahanan layar dan bodi Galaxy S4 dan iPhone 5 dengan menjatuhkan perangkat dari berbagai ketinggian serta uji coba ekstrem lainnya.

Untuk merekam uji ketahanan ini, Mashable pada Selasa 30 April 2013 melansir, penguji menggunakan tiga kamera berbeda. Satu kamera diletakkan di depan penguji, sekitar 2-3 meter untuk melihat secara keseluruhan proses uji coba.

Kamera perekam diletakkan di aspal untuk memotret perangkat ketika berbenturan dengan aspal, dan satu kamera lain adalah kamera dari perangkat masing-masing.

Saat dijatuhkan, kamera kedua perangkat sengaja dibiarkan menyala. Ini sekaligus menguji sampai sejauh mana ketahanan kamera tiap-tiap ponsel.

Berikut ini video lengkap pengujian yang berdurasi kurang lebih 10 menit:

Tiba di Istana, Bos Apple Tim Cook Langsung Rapat dengan Jokowi

Tahap pertama, keduanya dijatuhkan dari ketinggian sepinggul orang dewasa. Setelah dijatuhkan, baik Galaxy S4 maupun iPhone 5 hanya meninggalkan lecet di bagian sudut perangkat.

Selanjutnya, kedua ponsel itu dijatuhkan dari ketinggian 2,1 meter. Dari ketinggian ini, perangkat mulai diuji ketahanan layar dan casingnya. Pada tahap ini, Galaxy S4 mulai menunjukkan keretakan di layar bawah, namun ponsel tetap berfungsi. Sementara itu, iPhone 5 hanya lecet di bagian tepi.

Tidak berhenti di situ. Keduanya diuji kembali dari ketinggian tiga meter, setara dengan atap loteng rumah.

Hasilnya, layar Galaxy S4 semakin rusak, keretakan layar makin parah. Begitu juga kamera. Ponsel ini "tutup usia" di hari pertamanya.

Sedangkan layar iPhone 5 tetap mulus, tanpa keretakan. Hanya menambah lecet bagian belakang.

Untuk membuktikan daya tahan layar iPhone 5, perangkat andalan Apple kembali diuji. Kali ini lebih ekstrem, iPhone 5 dilindas mobil dengan kecepatan lambat.

Setelah dilindas, iPhone 5 masih menyala. Layar tak retak sedikit pun. Namun, ada sedikit retak di bagian belakang ponsel, dekat kamera.

Ya, untuk kategori ini, Apple iPhone 5 boleh disebut menang dari Samsung Galaxy S4. Selamat, Apple! (art)

iPhone generasi pertama.

Arti 'i' Kecil dari kata iPhone

Arti 'i' kecil dari kata iPhone. Mendiang pendiri Apple Steve Jobs pernah mengungkapkan hal ini saat peluncuran iMac pada 1998.

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024