Bermaterikan Atom, Ini Dia Film Terkecil Dunia

Film terkecil di dunia, terbuat dari atom
Sumber :
  • tribecafilm.com

VIVAnews - Kelompok peneliti IBM membuat proyek baru. Tapi, ini bukan soal solusi perangkat lunak atau keras komputer. Dilansir CNet, 1 Mei 2013, peneliti itu membuat film terkecil di dunia, karena bermaterikan atom. Bisa dibayangkan, betapa sulitnya membuat film dengan materi yang tidak dapat dilihat dengan mata telanjang.

Film yang dipilih adalah film kategori stop motion. Jenis film ini menggunakan teknik animasi dengan memanipulasi gambar secara fisik sehingga tampilan objek bisa bergerak mandiri.

Film bertajuk 'A Boy and His Atom' yang meraih rekor dunia ini mengisahkan seorang bocah laki-laki yang menari, bermain, dan menangkap atom yang memantul di sekitarnya.

Tentunya, untuk membuat film ini perlu cara khusus. Film ini terbuat dari 130 atom, yang mana perlu upaya keras untuk menempatkan satu atom dengan atom yang lain. Untuk ini, peneliti menembakkan 250 frame.

Gambar yang dibuat pun tidak biasa, yaitu pada suhu -268 derajat Celcius dan diperbesar 100 juta kali. Fantastis!

Peneliti utama IBM Research, Andreas Heinrich, dibantu rekan-rekannya di di Almaden, California, menggunakan alat khusus untuk pembuatan film ini, yaitu mikroskop pemindai terowongan IBM.

Alat ini berfungsi memanipulasi dan memindahkan atom di sekitar jarum yang sangat tajam. Atom kemudian ditempatkan pada kisaran hanya nanometer di atas permukaan tembaga.

IBM mengungkapkan alasan mereka membuat film yang tergolong sangat rumit ini. "Jika kita membuat film, kita bisa mencapai audiens yang lebih luas," kata Heinrich. "Kepentingan kami adalah membuat orang tertarik pada ilmu pengetahuan. Kami hanya perlu menemukan cara untuk berbicara dengan orang, mengapa kami melakukannya dan apa yang kami lakukan." 

Ketika menggarap film ini, lanjut Heinrich, tim IBM Research menghabiskan waktu sembilan hari 18 jam untuk memindahkan 130 atom hingga menemukan pencitraan yang tepat. Akhirnya, peneliti menghasilkan 250 gambar, yang diserahkan kepada seorang animator, untuk dibuat film.

Terdakwa Yosep Subang Diadili Bunuh Istri dan Anak Demi Uang, Korban Dibacok Pakai Golok

Bagaimana hasilnya? Berikut filmnya:

Bank Muamalat Cetak Laba Rp 14,1 Miliar pada 2023, Aset Tumbuh 9 Persen



Peneliti IBM juga siap mencoba teknik ini kembali untuk film Star Trek. Mereka akan menciptakan serangkaian tembakan level atom. Asyiknya, jika rampung, game soal ini akan dimasukkan ke dalam Star Trek Into Darkness versi iOS dan Android. (kd)

Sapi Albino Ko Muang Phet.

Kerbau Albino Diundang ke Gedung Pemerintah, Harganya Rp7,8 Miliar

Kerbau albino bertubuh besar ini bernama Ko Muang Phet, terkenal di kalangan peternak Thailand sebagai hewan pejantan. Tingginya 1,8 meter dan berusia empat tahun.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024