Ini 10 Universitas ICT Terbaik di Indonesia

Kampus Universitas Indonesia (UI)
Sumber :
  • green.ui.ac.id

VIVAnews - Kini penggunaan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) sudah banyak diaplikasikan di berbagai sektor kehidupan, termasuk di lingkungan akademis.

Mudik Lebaran, Hati-hati Infeksi Saluran Kemih Mengintai Wanita!

Untuk lebih meningkatkan penggunaan TIK di Indonesia, saat ini ada penghargaan khusus bagi perguruan tinggi yang aktif menggunakan TIK dalam kegiatan akademisnya.

Penghargaan yang diberi nama Telkom Smart Campus Award (TeSCA) adalah salah satu upaya PT Telkom Indonesia mendorong perguruan tinggi meningkatkan kualitasnya melalui pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dalam praktik belajar-mengajar di kampus.

Penghargaan ini telah menilai 551 perguruan tinggi yang ada di 26 provinsi di Indonesia. Menurut Arief Yahya, Direktur Utama Telkom Indonesia, sudah seyogyanya semua perguruan tinggi di Indonesia memiliki jaringan Internet. Pemanfaatan teknologi ini yang nantinya akan mendukung percepatan TIK di Tanah Air.

"Kami percaya dengan pemanfaatan TIK yang baik mampu meningkatkan kualitas dan daya saing perguruan tinggi di Indonesia setara dengan World Class University," kata Arief, di acara TeSCA Award 2013, Jakarta, 2 Mei 2013.

Senada dengan hal tersebut, Dirjen Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Djoko Santoso mengatakan, untuk memajukan pendidikan di Indonesia, salah satunya dengan memanfaatkan TIK.

"Pemanfaatan TIK bisa digunakan untuk menghubungkan sistem pendidikan di bagian-bagian paling pinggir di Indonesia atau 3T (tertinggal, terjauh, dan terpinggir)," ujarnya.

"Ini penting untuk menciptakan kesetaraan pendidikan di Indonesia, agar semua siswa sama-sama pintar," imbuh Djoko.

Penilaian yang dilakukan oleh TeSCA mencakup konektivitas Internet, aplikasi, sharing jurnal, metode pengajaran dosen, kebijakan kampus, efisiensi penggunaan perangkat teknologi, partisipasi perguruan tinggi dalam sistem pendidikan Indonesia, dan lainnya.

Berikut hasil peringkat TeSCA tahun 2013 untuk kategori nasional:
1. Universitas Indonesia
2. Universitas Gunadarma
3. Institut Teknologi Bandung
4. Universitas Padjajaran
5. Universitas Airlangga
6. STMIK AMIKOM Yogyakarta
7. Universitas Bina Nusantara
8. Universitas Komputer Indonesia
9. Universitas Gajah Mada
10. Universitas Kristen Duta Wacana

Walikota Medan, Bobby Nasution.(B.S.Putra/VIVA)

Bobby Nasution Minta Maaf ke Ijeck dan Golkar Sumut Usai Bertemu Airlangga di Jakarta

Wali Kota Medan, Muhammad Bobby Afif Nasution atau Bobby Nasution secara terbuka menyampaikan permintaan maaf kepada DPD Partai Golkar Sumatera Utara. Hal ini dilakukan B

img_title
VIVA.co.id
11 April 2024