Hasil Jepretan Kamera Ini Seperti Mata Serangga

Hasil jepret kamera ini setara penglihatan mata serangga
Sumber :
  • phys.org
VIVAnews -
Tarif Listrik April-Juni 2024 Diputuskan Tidak Naik
Serangga terkenal dengan mata majemuknya, karena memiliki ribuan reseptor warna individual. Gambar yang berhasil ditangkap mata serangga menghasilkan gambar tertuju ke arah yang berbeda-beda.

SKK Migas: Komersialisasi Migas Harus Prioritaskan Kebutuhan Dalam Negeri

Tapi, bagaimana jika kemampuan mata serangga diterapkan pada sebuah lensa kamera? Anda tentu penasaran.
Parkir Cuma Sebentar, Mobil Ini Ditagih Rp48 Juta di Tangerang


Tim peneliti dari University of Illinois, Amerika Serikat, telah berhasil menciptakan sebuah kamera digital yang memiliki kemampuan menangkap gambar setara dengan kemampuan mata serangga, seperti lalat, semut, atau kumbang.


CNN
melansir, 3 Mei 2013, generasi terbaru dari kamera digital memiliki model yang sama dengan mata majemuk serangga. Hal ini memungkinkan lensa menangkap sebuah bidang dalam 160 derajat, yang artinya semua bidang foto menjadi fokus.


"Kami sangat tertarik dengan kemampuan mata serangga dalam menangkap sebuah gambar, sehingga ingin menerapkan kemampuan mata serangga untuk teknologi pada lensa kamera," kata Profesor John Rogers, dari University of Illinois, AS.


Ia menambahkan, alam telah menyediakan keanekaragaman yang sangat luar biasa dalam menciptakan ide pembuatan kamera. "Ke depan, kami akan mengeksplorasi kemampuan mata serangga yang lain untuk menampilkan gambar yang lebih luas," ujarnya.



Resolusi Tinggi


Tujuan dari pembuatan kamera ini untuk digunakan pada sebuah kamera pengintai resolusi tinggi, karena dapat menangkap gambar yang luas, fokus, dan tajam. Tak hanya itu, kamera ini juga bisa digunakan oleh dokter untuk melihat organ tubuh yang sulit dijangkau.


Seperti diketahui, serangga memiliki mata yang berbentuk kubah dan di dalamnya berisi ribuan elemen mata kecil di atas korneanya. Sementara protipe kamera digital ini memiliki 180 lensa mikro yang masing-masing bertugas menangkap sebuah sudut.


Tentu kamera teknologi terbaru ini sangat berbeda dengan kamera digital yang ada saat ini. Kamera digital tradisional hanya memiliki lensa datar dan tunggal, tapi kamera terbaru ini memiliki ratusan lensa dan sedikit melengkung.


Tim peneliti juga berencana untuk mengembangkan lensa kamera yang memiliki kemampuan seperti organ-organ mata yang dimiliki oleh berbagai makhluk di Bumi.


Hasil penelitian ini telah diterbitkan di Jurnal
Scientific Nature
pada 2 Mei 2013, dengan judul
'Digital cameras with designs inspired by the arthropod eye.'
(umi)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya