7 Gunung Berapi Paling Berbahaya di AS (I)

Gunung berapi Kilauea, Hawaii
Sumber :
  • raredelights.com
VIVAnews -
Generasi Muda Harus Cerdas Finansial Dalam Menabung dan Kelola Keuangan
Tim ilmuwan dari US Geological Survey (USGS) mengungkapkan, ada sekitar 65 gunung berapi aktif yang berada di AS. Dari total keseluruhannya, 12 di antaranya dalam kondisi siaga.

Kondisi Tragis di Gaza, FYP Minta Yordania-Mesir Buka Perbatasan untuk Bantuan Kemanusiaan

Lifes Little Mysteries
Heru Budi Didesak Segera Bangun Proyek Pengelolaan Sampah Sunter yang Mangkrak 5 Tahun
melansir, 6 Mei 2013, survei Geologi AS terus memantau aktivitas vulkanik gunung berapi dan memperingatkan penduduk dan sistem penerbangan jika ada sebuah gunung benar-benar siap meletus.

"Ini bertujuan agar pesawat mengubah rute penerbangannya untuk menghindari abu vulkanik," kata John Eichelberger, Koordinator Program Bahaya Gunung Berapi USGS.


Sementara untuk gunung berapi yang dekat dengan pemukiman penduduk, tambah dia, perlu dilakukan tindakan preventif. "Misalnya, membagikan masker debu atau mengevakuasi masyarakat ke tempat yang lebih aman untuk kasus letusan yang ekstrim," ujarnya.


Dari 65 gunung berapi aktif, ada tujuh gunung berapi yang dinilai paling berbahaya di Amerika Serikat, versi Volcano Hazards Program's Volcano Alerts USGS:

1. Gunung Kilauea, Hawaii



Kilauea memiliki arti memuntahkan atau mengalir ke seluruh penjuru. Aktivitas gunung berapi yang berada di Hawaii ini telah beberapa kali meletus selama abad ke-19. Terakhir kali, gunung ini meletus pada 3 Januari 1983. Lahar panasnya meleleh luas ke laut.


Dalam catatan USGS, Gunung berapi Kilauea sedang dalam kondisi oranye, dari skala empat tingkat peringatan, hijau, kuning, oranye, dan merah. Merah adalah tingkat peringatan paling tinggi.


2. Gunung Pagan, Mariana Islands



Gunung berapi Pagan adalah dua gunung berapi yang berada di Pulau Pagan, Pasifik Barat. Gunung ini paling berbahaya di persemakmuran AS di Kepulauan Mariana Utara.


Letusan paling dahsyat terjadi pada tahun 1981. Saat itu, letusannya mengakibatkan curah hujan abu yang tinggi dan mengubur Pulau Pagan. Seluruh warga di sekitar pulau dievakuasi dan mengakibatkan pulau itu tak berpenghuni hingga beberapa tahun.


Saat ini, Gunung Pagan dalam kondisi kuning.


3. Gunung Anatahan, Mariana Islands



Gunung berapi Anatahan pertama kali meletus pada tahun 2003. Akibat letusan itu, 23 warga dilaporkan hilang. Letusan terbarunya terjadi lagi pada tahun 2007 dan 2008.

Gunung berapi yang terletak di Kepulauan Mariana Utara ini berukuran kecil. Panjangnya hanya sembilan kilometer dan lebar tiga kilometer.

Dahulu, pada perang dunia II, gunung ini dikenali sebagai tempat persembunyian sekelompok tentara Jepang.

Saat ini, kondisi Gunung Pagan dalam kondisi hijau. Bersambung... 

(umi)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya