Kerjakan Riset Rahasia, Insinyur AS Tewas Misterius di Singapura

Rick dan Mary Todd, orang tua Shane Todd
Sumber :
  • Reuters/ Edgar Su
VIVAnews
Apriyani/Fadia dan Gregoria Mariska Lolos, 6 Pebulutangkis Indonesia Tembus Olimpiade 2024
- Pemerintah Singapura telah memulai proses penyelidikan forensik atas kematian seorang insinyur asal Amerika Serikat, Shane Todd. Todd ditemukan tewas di apartemennya pada bulan Juni 2012 lalu dalam keadaan tergantung.

Macet Buntut Mudik Lokal dan Tempat Wisata, Contraflow Diberlakukan ke Arah Ciawi

Kantor berita BBC, Senin 13 Mei 2013, melansir keluarga Todd meragukan kematian putranya akibat bunuh diri. Menurut mereka kematian Todd terkait dengan sebuah proyek yang tengah dikerjakannya untuk perusahaan asal China, Huawei Technologies.
Mazda Siapkan Mobil SUV Mewah Baru Berbodi Bongsor


Menurut laporan kantor berita Financial Times, proyek yang dikerjakan Todd mengenai penggunaan galium nitrida (GaN), sebuah teknologi semikonduktor yang dapat digunakan untuk kepentingan komersial dan militer. Huawei Technologies disebut bermitra dengan Institute of Microelectronics (IME), sebuah BUMN Singapura tempat Todd bekerja yang mengurus masalah sains, teknologi dan penelitian untuk menggarap proyek tersebut.


Informasi serupa juga disebut oleh Menteri Luar Negeri Singapura, K Shanmugam, kepada kantor berita Reuters. Shanmugam membenarkan bahwa Todd tengah terlibat dalam sebuah proyek berskala kecil dengan Huawei selama sembilan bulan terakhir.


"IME membicarakan sebuah proyek yang melibatkan GaN dengan Huawei. Namun proyek GaN ini sering dijadikan subyek spekulasi oleh beberapa media," ujar Shanmugam kepada media.


Masih menurut Shanmugam, karena tidak ada titik temu selama proses pembahasan antara kedua perusahaan tersebut, proyek itu tidak pernah terealisasi.


Orangtua Todd, Mary dan Rick, menyiratkan anaknya tewas akibat proyek yang tengah dikerjakannya itu. Todd sempat bercerita kepada kedua orangtuanya soal kekhawatiran proyek itu dapat membahayakan keamanan nasional AS.


Selain itu eksternal hard drive milik Todd yang berisi data-data proyek GaN dan informasi mengenai perusahaan IME juga dilaporkan hilang.


Selama ini Huawei memang disebut oleh Kongres AS sebagai salah satu ancaman potensial nasional, karena terkait dengan misi pemerintah dan kelompok militer China. Kecurigaan Rick dan Mary semakin menguat ketika laporan bunuh diri yang dibuat oleh polisi tidak sesuai dengan informasi yang mereka temukan di kamar apartemen Todd.


Sementara rekan kerja Todd, mengatakan temannya itu sedang mengalami depresi berat sebelum ditemukan tewas. Todd diketahui sempat berkonsultasi kepada seorang psikiater pada Maret 2012 dan mengeluh mengalami stress, kecemasan dan depresi terkait masalah pekerjaan dan hidupnya.


Hingga berita ini diturunkan baik perusahaan Huawei atau IME menyatakan tidak terkait kematian Todd. (umi)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya