Daging Tabung untuk Manusia Masa Depan

Daging tabung (in-vitro meat)
Sumber :
  • dailymail.co.uk
VIVAnews -
Kemungkinan yang Bakal Terjadi Kalau Indonesia tak Dijajah
Seiring bertumbuhnya jumlah populasi, maka berkurang pula jumlah pangan. Suatu ketika, muncul sebuah pertanyaan, apa yang akan dimakan manusia di masa depan?

Anak Buah SYL Video Call Bahas 'Orang KPK' dan 'Ketua': Siapin Dolar Nanti Kami Atur

Tercetus ide di kepala seorang ilmuwan asal Belanda. Dr Mark Post dari University of Maastricht, berpikir untuk membuat daging tabung, atau dikenal juga sebagai daging buatan.
5 Fakta Mengerikan Jelang Duel Brighton vs Manchester City di Premier League


Rencananya, daging itu bisa digunakan untuk menjadi isi burger dan memasarkannya secara komersial.


Daging-daging burger itu berasal dari sel-sel otot sapi dan diciptakan di laboratorium. Tujuan dari pembuatan daging tabung ini untuk membuktikan kepada dunia bahwa diperlukan budidaya daging untuk logistik di masa depan.


Penelitian daging tabung yang dilakukan Dr Post dibiayai pemerintah Belanda dan sumbangan sejumlah anonim. Daging tabung cukup menjanjikan untuk mengurangi penderitaan hewan, memecahkan masalah krisis pangan, dan sebagai bahan makanan yang ramah lingkungan.


"Daging burger buatan ini berasal dari 20.000 potongan tipis sel-sel otot. Dari hasil tes uji cobanya, daging itu sama sekali tidak mengandung lemak," kata Post, dilansir
Daily Mail,
13 Mei 2013.


Daging tabung ini siap dikonsumsi untuk pertama kali pada sebuah acara di London, Juni mendatang. "Untuk menambah kaya rasanya, Anda hanya perlu menambah garam dan merica," tutur Post.


Daging burger tabung akan dijual dengan harga yang bersaing dengan daging sapi biasa. Daging buatan bukan untuk menyaingi daging sapi biasa, tapi untuk menciptakan alternatif makanan baru di masa depan.



Teknologi Tabung


Saat ini, tak sedikit ilmuwan yang sedang mengembangkan teknologi tabung. Beberapa malah sudah semakin dekat dengan penciptaan gigi yang berasal dari sel induknya.


Ya, beberapa peneliti berhasil merekayasa gigi hybrid yang berasal dari gigi manusia dan tikus. Pembuatan gigi itu berasal dari sel-sel dari jaringan gusi manusia, digabungkan dengan sel induk gigi tikus.


Diharapkan di masa depan gigi palsu bisa digantikan oleh gigi pengganti yang tumbuh dari "benih" yang ditanam di rahang manusia. (umi)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya