Indonesia Kembangkan Pembangkit Energi Hybrid

Proyek WHyPGen di Sukabumi, Jawa Barat
Sumber :
  • bppt.com
VIVAnews -
Korban Tewas di Tol saat Arus Mudik 33 Orang, Meningkat dari Tahun Sebelumnya
Indonesia siap mengurangi kadar karbon dioksida (CO2) dengan mengembangkan energi terbarukan melalui proyek Wind Hybrid Power Generation (WHyPGen), atau pembangkit listrik
hybrid on-grid
Kisah Unik Penyamaran Intel Anggota Kopassus Jadi Penjual Durian
berbasis energi angin.
Asosiasi Nakes Kecam Pemecatan Massal 249 Orang oleh Bupati Manggarai NTT

Proyek yang didanai Global Environment Facility (GEF) ini bertujuan mendorong komersialisasi pembangkit listrik hybrid berbasis energi angin.


"Indonesia saat ini sudah beralih dari pengekspor bahan bakar minyak (BBM) menjadi pengimpor BBM," kata Kepala BPPT Marzan A Iskandar di sela acara penandatanganan MoU WHyPGen dengan beberapa mitra, di Kantor Badan Penerapan dan Pengkajian Teknologi (BPPT), Selasa 14 Mei 2013.


"Oleh karena itu, perlu dikembangkan sumber tenaga barukan yang tentunya juga ramah lingkungan, salah satunya adalah energi angin," jelasnya.


Dia menambahkan, target utama proyek WHyPGen dari tahun 2012 sampai 2015 adalah menghasil energi sebesar 18,115 Gigawatt per Hour (GWh) dan mengurangi emisi CO2 sebesar 16.050 metric ton.


"Berdasarkan hitungan BPPT, potensi angin di Indonesia mencapai 9,3 GWh, namun pemanfaatannya belum maksimal dan kebijakan pemerintah belum ada yang mendukung penggunaan energi angin," lanjut Marzan.


Saat ini, proyek WHyPGen sedang memperbaharui pembuatan peta lokasi potensi angin di Indonesia. Data yang ada saat ini masih belum secara detail mengukur potensi angin di setiap wilayah.


Proyek WHyPGen juga membuat kajian-kajian mulai dari potensi angin, teknologi yang digunakan, tarif penjualan energi angin.


"Kajian-kajian itu nantinya akan dilaporkan kepada pemerintah dan pihak-pihak swasta, sehingga ada banyak yang berinvestasi dan mengembangkannya," kata Sony Sulistia, Kepala B2TE BPPT.


Potensi energi angin yang sudah dipetakan oleh WHyPGen ada delapan titik, di daerah Nusa Tenggara Timur, Banten, Yogyakarta, Jawa Barat dan Bali. Di NTT, potensi energi yang dihasilkan sebesar 50 MW, di Banten 100 MW, dan di Jawa Barat 100 MW.


"Energi angin adalah salah satu harapan Indonesia untuk memenuhi energi di daerah-daerah dan menanggulangi penguranan emisi CO2 di dunia," kata Marzan. (umi)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya