Hari Ini, 3 Astronot Pulang ke Bumi

Astronot-astronot yang bekerja di International Space Station
Sumber :
  • nasa.gov
VIVAnews -
Terpopuler: Beberapa Selebgram Ditangkap Polres Jaksel, hingga Daftar Harga Tiket Konser Sheila On 7
Setelah berbulan-bulan hidup di ruang angkasa, tiga astronot di Stasiun Ruang Angkasa Internasional
(International Space Station)
Houthi Tuding Arab Saudi hingga Rusia, China dan Iran Mulai Satukan Kekuatan
akhirnya kembali ke Bumi.
Negara Ini Tuduh Iran sebagai Negara Teroris, Kok Bisa?

Pemulangan astronot itu akan meninggalkan "rumah keduanya" di luar angkasa itu pada 13 Mei 2013 dan diperkirakan sampai ke Bumi pada 14 Mei 2013, waktu Amerika Serikat, dilansir Space,
Selasa 14 Mei 2013.


Ketiga astronot itu adalah Chris Hadfield asal Kanada, asal AS, dan Roman Romanenko kosmonot asal Rusia. Mereka bertiga akan pulang dengan menggunakan pesawat ruang angkasa Soyuz buatan Rusia.


Soyuz direncanakan mendarat di kawasan Stepa, Kazakhstan. Dengan mendaratnya pesawat ruang angkasa itu menunjukkan bahwa misi Ekspedisi 35 yang dikomandani oleh Chris Hadfield telah berakhir.


"Saya merasa sangat senang menjadi komandan di misi Ekspedisi 35," kata Hadfield. Komandonya diserahkan pada Pavel Vinogradov, kosmonot asal Rusia, untuk memimpin misi Ekspedisi 36.


Hadfield menceritakan bahwa dirinya dan tim merasa bangga berada di stasiun penelitian manusia. "Kami telah berbagi informasi keadaan ruang angkasa kepada seluruh dunia. Tugas kami telah selesai dan akan kembali ke Bumi," ujarnya.


Setelah pemulangan tiga astronot, maka saat ini tersisa tiga awak di stasiun ruang angkasa. Mereka adalah Chris Cassidy, astronot AS, Pavel Vinogradov, dan Alexander Misurkin, kosmonot Rusia. Nantinya, mereka akan bergabung dengan tiga awak baru yang akan datang pada akhir Mei.


Para astronot Ekspedisi 35. Misinya berakhir 13 Mei 2013. (Wikipedia)

Hadfield, Marshburn, dan Romanenko, sudah berada di stasiun ruang angkasa sejak lima bulan yang lalu. Mereka datang untuk melakukan misi Ekspedisi 34.


Para pejabat NASA sangat bangga dengan hasil kerja dari misi Ekspedisi 35. Mereka menyampaikan secara langsung kepada ketiga astronot melalui radio misi kontrol. "Kalian para awak Ekspedisi 35 telah bekerja sangat luar biasa," kata pejabat NASA, melalui radio.


Kebanggaan para pejabat dan insinyur NASA semakin menjadi-jadi, karena sebelumnya, pada 11 Mei 2013, Cassidy dan Mashburn berhasil memperbaiki kebocoran amoniak di sistem pendingin stasiun ruang angkasa.


"Para awak telah bekerja di luar rencana untuk memperbaiki sistem pendingin yang bocor. Mereka juga menyelesaikan pekerjaan itu dalam waktu yang sangat singkat," ujar NASA.


Untuk melihat bagaimana proses pemulangan ketiga astronot, NASA telah menyiapkan webcast secara
live
di situsnya. Anda bisa mengklik
(art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya