Telur Ayam Bisa Digantikan dengan Telur Buatan

Telur sebagai salah satu sumber makanan yang kaya akan kolin
Sumber :
  • U-Report

VIVAnews - Di masa depan, teknologi rekayasa mungkin akan menggantikan telur ayam dengan telur-telur yang terbuat dari bahan-bahan tanaman atau nabati. Ini bukan hal yang mustahil, setidaknya bagi Josh Tetrick, CEO Hampton Creek Foods, perusahaan yang sedang mengembangkan bahan-bahan nabati untuk menggantikan telur ayam. Demikian dilansir NBC News, 23 Mei 2013.

"Meski banyak bahan makanan pengganti telur dikembangkan dalam beberapa dekade terakhir. Tapi, belum ada metode yang lebih ilmiah, yang bisa menghasilkan produk baru yang benar-benar enak," kata Tetrick.

Untuk diketahui, ayam-ayam di seluruh dunia menghasilkan 1,8 butir telur tiap tahunnya. Tapi, sebagian dari jumlah itu dihasilkan oleh ayam-ayam yang tidak sehat. Mereka hidup di kandang yang sempit dan tidak memiliki sinar matahari yang cukup, memakan kotoran mereka sendiri, bahkan perlu diberi obat khusus untuk meningkatkan produktivitas telurnya.

Top Trending: Suami Sandra Dewi Punya Saham Triliunan, Ramalan Jayabaya Soal Masa Depan Indonesia

"Hal itu hanya membuat kita prihatin," ujar Tetrick.

Untuk menghasilkan telur buatan, perusahaan asal San Francisco, California, AS, telah meneliti kandungan telur ayam secara sistematis. Misalnya, telur memiliki beberapa sifat yang menakjubkan, seperti kemampuannya mencampur bahan yang mengandung minyak dan air, yang di dalam dunia kimia disebut emulsi.

"Saat ini, kami sedang menganalisis ratusan senyawa yang berasal dari tanaman, dan menentukan kemungkinan emulsi," kata Tetrick.

Saat ini, perusahaan sudah berhasil mengembangkan produk telur bubuk yang dapat dipanggang. Peneliti juga menganalisis kadar protein dan berat molekul berbagai senyawa yang berbeda untuk memastikan keduanya dapat menggantikan manfaat gizi telur.

Miliader Bill Gates telah mencoba telur buatan itu, dan tidak bisa membedakan rasanya dengan telur ayam asli.

Akankah telur ini dipasarkan secara komersial? Kita tunggu saja pengembangannya.

Berpengalaman di DPR, Sumail Abdullah Dinilai Berpotensi Maju Pilkada Banyuwangi
Nikita Mirzani

Terungkap, Alasan Rizky Irmansyah Sukses Curi Perhatian Nikita Mirzani

Di mata Nikita Mirzani, Rizky Irmansyah adalah sosok laki-laki berbeda dan memiliki daya tarik tersendiri.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024