Ditemukan, Lukisan Kuno di Dinding Gua Meksiko

Lukisan kuno yang ditemukan di gua negara bagian Tamaulipas, Meksiko
Sumber :
  • huffpost.com
VIVAnews -
Top Trending: 4 Perempuan Pernah Jadi Istri Ari Sigit, Jayabaya Ramal Kemunculan Gempa Besar
Di pegunungan Sierra de San Carlos, Meksiko, tim peneliti Meksiko menemukan ribuan lukisan kuno di dinding gua dan jurangnya.

Ganjar soal Prabowo Bakal Rangkul Lawan Politik: Saya Lebih Baik di Luar Pemerintahan 

Menurut tim peneliti, temuan seni ini menjadi bukti langka untuk mengetahui budaya asli yang dahulu menempati negara bagian Tamaulipas, seperti dilansir
Ramalan Zodiak Kamis 25 April 2024, Libra Lajang Bertemu Seseorang Istimewa
CNBC News, Rabu 29 Mei 2013.


Sekitar 5.000 lukisan ditemukan di 11 lokasi berbeda. Lukisan itu rata-rata berwarna merah, kuning, hitam, dan putih. Sementara gambarnya macam-macam, berupa rusa, kadal, dan manusia.


"Namun, ada gambar yang masih menjadi pertanyaan para peneliti, yaitu gambar tenda, orang berburu, memancing, dan grafik-grafik astronomi. Budaya misterius apa yang bisa menggambarkan itu," kata Gustavo Ramirez, arkeolog dari
Mexican National Institute of Anthropology and History.


Tim peneliti menduga temuan-temuan lukisan itu berasal dari kelompok-kelompok dari zaman Pra Hispanik.


"Sebelumnya, kami tidak menduga kawasan itu didiami oleh suatu kebudayaan. Tapi, kini terbukti tempat itu telah ditinggali oleh sebuah kebudayaan," ujar Ramirez.


Sementara arkeolog lain, Martha Garcia Sanchez mengatakan, sepertinya orang-orang yang mendiami pegunungan itu dahulu telah kabur dari serangan bangsa Spanyol.


"Kami belum menemukan benda-benda kuno terkait dengan penemuan lukisan-lukisan itu, karena sebagian dari lukisan itu berada di dinding-dinding jurang yang curam," ucap Sanchez.


Temuan terbaru ini akan dipresentasikan di Konferensi kedua
Archaeological History
di Meksiko. (eh)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya