Dosen Yogya Ciptakan Alat Pengait Bedah Perut

Ilustrasi.
Sumber :
  • homestead.com

VIVAnews - Dosen Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Sagiran, berhasil menciptakan teknik baru untuk mengisi rongga udara di dalam perut semasa proses operasi.

Alat yang diberi nama Muyo Hook ini akan segera diproduksi dan dipasarkan di Tanah Air.

3 Orang Tewas Imbas Longsor dan Banjir Lahar Dingin di Wilayah Gunung Semeru

Sagiran menjelaskan, alat ini memudahkan para dokter yang akan melakukan operasi perut, baik untuk penyakit usus buntu atau lainnya.

Bentuk alat yang terinspirasi dari posisi duduk dalam waktu shalat ini bisa membantu dokter mengisi udara di dalam perut tanpa melakukan penjepitan atau melukai bagian perut lainnya.

"Cukup dimasukkan melalui pusar pasien, kemudian dikaitkan pada fascia (bagian paling keras di dalam kulit). Setelah berhasil mengait fascia, kulit perut bisa diangkat untuk selanjutnya ditusukkan jarum Veress dan dipompa dengan udara (CO2)," jelas Sangiran, melalui keterangan tertulis, Rabu 29 Mei 2013.

Sebelum ada alat ini, lanjut dia, dalam proses operasi perut biasanya dokter akan melakukan pembedahan pada dinding perut. Namun, dengan alat ini pembedahan itu tidak perlu dilakukan lagi. Karena cukup memasukkan alat ini melalui pusar dan mengisinya dengan udara.

"Setelah ada udara di dalam rongga perut, dokter akan lebih mudah mencari usus atau bagian dalam perut lainnya yang akan di operasi. Sehingga tidak ada luka atau jahitan di sisi perut lainnya akibat pembedahan," jelasnya.

Muyo Hook juga memiliki kelebihan dibandingkan alat lain. Muyo Hook bisa dengan mudah diaplikasikan tanpa memperlebar irisan, karena tidak perlu bantuan alat lain. Selain itu, desain alat ini juga secara otomatis mengamankan dari bahaya penusukan organ dalam.

"Begitu fascia terkait kemudian diangkat, maka arah kait berubah ke luar abdomen. Hal ini akan menghindari tertusuknya organ dalam oleh alat," terang Dr Sangiran.

Pemain Timnas Indonesia U-23

Pengakuan Pelatih Yordania Jelang Laga Lawan Timnas Indonesia U-23

Yordania akan melakoni laga hidup mati melawan Timnas Indonesia dalam matchday ketiga Grup A Piala Asia U-23 2024. Begini pengakuan pelatih Yordania.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024