Gunung Padang Mulai Diekskavasi Pukul 1 Dini Hari

Gunung Padang, Cianjur
Sumber :
  • VIVAnews/ Muhamad Solihin
VIVAnews
Panen Raya di Purwakarta Jelang Lebaran Dimassifkan Perkuat Ketahanan Pangan
- Tim Riset Mandiri Terpadu Gunung Padang memulai ekskavasi Gunung Padang di Cianjur yang melibatkan arkeolog, sejumlah instansi dan empat perguruan tinggi yang memiliki jurusan arkeologi. Ekskavasi dibuka dengan doa bersama yang digelar pukul 01.00, Sabtu 1 Juni 2013, bertepatan dengan peringatan Hari Lahir Pancasila.

Mengungkap Makna Simbol Telur Paskah, Lebih dari Sekadar Telur

"Bekerja sampai tanggal 14 Juni, mengelupas lapisan tampak luar yang berumur 500 tahun sebelum Masehi," kata Staf Khusus Presiden bidang Bencana Alam dan Bantuan Sosial, Andi Arief, kepada VIVAnews, Sabtu. Andi merupakan inisiator pembentukan tim riset Gunung Padang ini.
Joint Operation Bea Cukai dan Polri Gagalkan Peredaran Kokain Cair dan Serbuk MDMA


Sebelumnya, Tim sudah melakukan ekskavasi di 13 titik, yang kemudian menghasilkan kesimpulan bahwa ada struktur bangunan kuno terkubur. Namun ekskavasi ini ditutup kembali sesuai kaidah ilmiah. "Maka ekskavasi 14 hari ini membuka apa yang telah dilakukan sebelumnya dengan menambah sedikit areanya," kata Andi.


Eskavasi 1 - 14 Juni 2013 ini dipimpin oleh para arkeolog, unsur TNI/ Polri. Masyarakat dan relawan akan berperan serta mendampingi para arkeolog.

Andi menyatakan, tim mandiri dan para arkeolog sudah bersatu dan duduk bersama difasilitasi Direktur Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Kacung Marijan. "Beberapa perbedaan pendapat sudah ada titik temu. Semua siap bekerja bersama-sama," kata Andi Arief.


"Setelah tanggal 14 itu, Tim terpadu secara resmi akan menyerahkan ke negara untuk ditindaklanjuti dengan ekskavasi total serta pemugaran," kata Andi.


Ekskavasi permulaan ini dilakukan setelah Tim Riset Mandiri mempublikasikan sejumlah temuan yang mengafirmasi adanya struktur bangunan terkubur di bawah Gunung Padang. Lebih jauh soal riset ini, bisa dibaca di
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya