Andi Arief: Ekskavasi untuk Buktikan Cawan di Bawah Gunung Padang

Tim Arkeologi Melakukan Ekskavasi di Gunung Padang
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi
VIVAnews
Tarif Listrik April-Juni 2024 Diputuskan Tidak Naik
- Staf Khusus Presiden bidang Bencana Alam Andi Arief yang menginisiasi Tim Riset Terpadu Mandiri Gunung Padang menyatakan ekskavasi yang dilakukan mulai hari ini untuk membuktikan banyak hal. Salah satunya, tim akan membuktikan keberadaan cawan raksasa di bawah permukaan Gunung Padang.

SKK Migas: Komersialisasi Migas Harus Prioritaskan Kebutuhan Dalam Negeri

"Secara bersamaan tim arsitektur dan sipil bekerja sama dengan departemen terkait serta arkeolog spesial kawasan mulai merancang pembangunan kawasan dari mulai parkir sampai zona inti," kata Andi Arief, Sabtu 1 Juni 2013. "Ahli hidrologi dan sipil serta geolog mengantisipasi saluan air dan pencegahan kemungkinan longsor."
Parkir Cuma Sebentar, Mobil Ini Ditagih Rp48 Juta di Tangerang


Kemudian ahli vegetasi dan ilmu tanah dari IPB juga meneliti khusus di areal itu. "Tim geologi bawah permukaan berkonsentrasi di lapisan usia 11.500  tahun lalu yang di bawah bangunannya akan dibuktikan tentang Chamber, cawan raksasa, serta dugaan teknologi canggih yg tidak pernah kita bayangkan," kata Andi.


Ekskavasi akan digelar dari hari ini, 1 Juni, sampai 14 Juni 2013 nanti. "Setelah tanggal 14 itu, Tim terpadu secara resmi akan menyerahkan ke negara untuk ditindaklanjuti dengan ekskavasi total serta pemugaran," kata Andi.


Ekskavasi permulaan ini dilakukan setelah Tim Riset Mandiri mempublikasikan sejumlah temuan yang mengafirmasi adanya struktur bangunan terkubur di bawah Gunung Padang. Lebih jauh soal riset ini, bisa dibaca di
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya