TEKNOLOGI

AS Menjadi Medan Tempur iPhone dan Android

Sedangkan Jakarta malah surganya BlackBerry.

ddd
Jum'at, 21 Juni 2013, 14:58 Renne R.A Kawilarang, Amal Nur Ngazis
 OS Android
OS Android  

VIVAnews - Pengguna ponsel berbasis Android telah menyebar ke seluruh dunia. Sementara pengguna iPhone, yang menggunakan sistem operasi ios, meski masih kalah secara jumlah dengan Android tidak bisa dibilang sedikit.

Konon iPhone mewakili sebuah produk sosial ekonomi kelas atas. Dan iPhone telah digunakan di bebagai kota di negara maju maupun negara berkembang. Nah, bagaimana sebenarnya peta perbandingan pengguna iPhone dan Android di AS?.

Menurut Business Insider, 21 Jumat 2013, perusahaan aplikasi antarmuka sosial media, Gnip dan perusahaan visualisasi data, MapBox menampilkan peta visualisasi pengguna iPhone, Android dan BlackBerry. Peta berbasis data akses Twitter pengguna.

Perusahaan itu telah membuat peta visualisasi dengan memanfaatkan geotagging tweet sekitar 3 miliar secara global sejak September 2011. Geotagging merupakan proses penambahan identifikasi data gepgrafis dari berbagai layanan seperti foto, video, website, pesan SMS sampai kode QR. Mereka juga memanfaatkan metadata (informasi terstruktur data) tiap tweet yang muncul.

Perusahaan itu kemudian mengkonversi semua data termasuk data rinci dari twitter pengguna ke dalam serangkaian peta yang menggambarkan pola bahasa dan penggunaan perangkat di seluruh dunia. Analisa peta perusahaan itu juga bisa menampilkankategori penggunaan ponsel dari turis serta warga lokal di setiap kota.

Peta visualisasi data ini kemudian memetakan pengguna iPhone, Android dan Blackberry di beberapa kota AS.Pengguna iPhone divisualisasikan dengan titik merah, Android dengan titik hijau dan BlackBerry dengan titik ungu.

Hasilnya, di Washington DC, tersaji secara jelas, pengguna iPhone mendominasi dibandingkan pengguna Android. Sedangkan di wilayah New York City, juga masih didominasi iPhone, Android yang tersebar ke seluruh wilayah. Pengguna BlackBerry hanya segelintir saja di kota ini, yaitu di kawasan Manhattan saja. 

Di Chicago, pengguna iPhone terlihat memusat di wilayah pinggir pantai, sedangkan pengguna Android tersebar di seluruh kota. Pola sebaran pengguna iPhone dan Android di kota Houston hampir sama, baik iPhone maupun Android tersebar ke seluruh wilayah.

Di Atlanta, pola pengguna iPhone terlihat memusat, sementara Android menyebar ke seluruh wilayah. Di Los Angeles, baik iPhone dan Android menyebar merata di seluruh wilayah.

Jakarta Unik

Lalu bagaimana peta pengguna ponsel pintar di kota besar seperti Jakarta?. Peta visualisasi unik terjadi di ini. Nyaris seluruh wilayah ibukota ini berwarna ungu yang berarti banyak pemakai ponsel pintar di Jakarta merupakan pengguna BlackBerry.

Fenomena unik Jakarta itu semakin menegaskan Jakarta sebagai surganya Blackberry, BlackBerry Nation. Posisi selanjutnya yaitu Android dan iPhone dengan pola penggunaan dengan sebaran kecil.



© VIVA.co.id
Share :  
Rating
KOMENTAR
dan99ps
22/06/2013
mau blackberry (anggur), apple, jellybean tinggal pilih aja suka yg mana Hidup suka2 duitnya persetan dengan vendor mau untung rugi kek yg penting kebutuhan konsumen yg dia mau
Balas   • Laporkan


KIRIM KOMENTAR

Anda harus login untuk mengirimkan komentar

 atau 
  
MOMENTUM
  • Info Momentum
Info Pemasangan Momentum:
Telepon: 021-5610-1555 / Sales
Email: salesteam@vivanews.com