Facebook Siapkan Layanan Reader

Logo Facebook Home
Sumber :
  • technobuffalo.com

VIVAnews - Kendati Google akan menutup layanan Reader pada , Facebook malah dilaporkan akan segera merampungkan layanan berita atau News Feed untuk perangkat mobile.

Layanan yang disebut Reader itu menjalankan konsep mirip Flipboard, menampilkan konten dari pengguna Facebook maupun penerbit dalam format baru, sebagaimana dikabarkan Wall Street Journal, Senin 24 Juni 2013.

Facebook dikatakan mulai menggarap proyek Reader sejak beberapa tahun lalu, jauh sebelum Google mengumumkan mengakhiri layanan Google Reader bulan depan.

Reader versi Facebook ini didesain untuk menunjukkan konten berita tertentu. Tapi, belum jelas kapan jejaring sosial besutan Mark Zuckerberg itu akan merilis layanan itu secara resmi. Juru bicara Facebook enggan berkomentar terkait layanan ini.

Jika benar, proyek Reader itu bisa menjadi senjata baru Facebook untuk menggaet lebih banyak pengguna pada perangkat mobile, dan tentunya menjadi media baru untuk menggenjot pendapatan via iklan.

Fokus layanan pada jenis mobile ini mempunyai peran penting bagi Facebook yang tengah berjuang menaikkan nilai sahamnya, yang masih 35 persen di bawah harga penawaran IPO (initial public offering).

Peningkatan Fitur

Memang sejak awal mendirikan Facebook pada 2004 silam, Zuckerberg menginginkan jejaring sosialnya itu menjadi pusat bagi pengguna dalam berinteraksi dengan teman-teman kuliahnya.

Kenyataannya, saat ini Facebook masih didominasi untuk melacak teman dan keluarga dengan menggunakan postingan dan foto.

Tahapan Facebook menjadikan layanannya sebagai pusat interaksi sudah dimulai. Bulan ini, Facebook meluncurkan fitur hashtag (#), untuk mendorong pengguna menemukan percakapan dengan tema topik tertentu.

Tak hanya itu, di awal tahun silam, Facebook juga memperkenalkan desain ulang dan menonjolkan bagian News Feed pada halaman utama situs. Zuckerberg menyebut desain ulang itu sebagai keinginan menjadikan Facebook sebagai koran personalisasi terbaik di dunia.

Sementara analis menyatakan, Facebook punya tantangan dalam layanan News Feed itu.

Kendati banyak pengguna yang menghabiskan waktu dengan perangkat mobile mereka, tapi pengguna Facebook hanya singgah sekilas pada News Feed, setelah itu pengguna lebih asyik menambah postingan atau berpindah ke halaman berikutnya.

"Ada banyak hal yang beberapa tahun lalu tidak ingin dilakukan orang pada Facebook, tapi kini mereka melakukannya," kata Nate Elliot, analis Forrester.

Berhasil Gagalkan Penyelundupan Sabu, 2 Prajurit Pulanggeni Kopasgat TNI AU Dapat Penghargaan

"Saya membayangkan akan sulit melatih konsumen melihat Facebook sebagai pusat untuk masuk ke berita," tambahnya. (umi)

Jeno NCT

Jeno NCT Ulang Tahun ke-24! Fakta Menarik Sang 'Kapten' NCT yang Jarang Diketahui

Jeno NCT kini tengah bahagia karena ia sedang berulang tahun tepat pada Selasa, 23 April 2024. Jeno yang memiliki nama panjang Lee Jeno ini sudah menginjak usia 24 tahun.

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024