Malam Hari, Tanaman Lakukan Aktivitas Matematika

Tanaman Ciplukan (foto ilustrasi)
Sumber :
  • http://indrashare.com/

VIVAnews - Peneliti Inggris mengungkapkan tanaman melakukan aktivitas matematika di malam hari. Phys.org melansir, 25 Juni 2013, tanaman mengalkulasi dan membagi sekumpulan karbohidrat dalam tubuh sebagai pasokan makanan, sampai hampir habis menjelang pagi.

"Ini adalah contoh nyata pertama dalam proses biologi dasar seperti perhitungan aritmetika yang canggih," jelas pembuat model matematika, Profesor Martin Howard dari John Innes Centre, Norwich, Inggris.

Saat siang hari, tanaman memroses makanan sendiri dengan menggunakan sinar matahari. Energi dari matahari itu diubah jadi karbondioksida ke dalam gula dan karbohidrat (pati).

Skincare Berbahan Dasar Tanaman Khas Indonesia Dikembangkan Melalui Kerja Sama Ini

Setelah matahari terbenam, tanaman hanya bergantung pada cadangan karbohidrat agar tidak kelaparan.

Dalam penelitian yang diterbitkan pada jurnal akses terbuka e-Life, para ilmuwan di John Innes Centre menunjukkan tanaman membuat penyesuaian yang tepat untuk menilai tingkat konsumsi pati mereka.

Penyesuaian itu memastikan cadangan pati tercukupi sampai subuh atau berjaga-jaga jika saat tengah malah merasa kelaparan.

Uniknya, ilmuwan menambahkan, agar berjalan dengan tepat, tanaman melakukan perhitungan matematika, yaitu aritmetika atau teori bilangan dasar.

"Kemampuan melakukan perhitungan aritmetika sangat penting bagi pertumbuhan dan produktivitas tanaman," kata ahli metabolisme biologi, Profesor Alison Smith.


Profesor Martin Howard dan Alison Smith. (Phys)
Kisah Profesor Matematika yang Ditaklukkan Al Quran dan Akhirnya Masuk Islam

Nah, sepanjang malam, mekanisme dalam daun mengukur ukuran cadangan pati dan memperkirakan lama pasokan sampai jelang pagi.

Soal informasi waktu malam dan pagi hari pada tanaman didapat dari mekanisme jam internal yang mirip terjadi pada tubuh manusia. Pengelolaan cadangan pati itu diharapkan maksimal 95 persen sampai waktu subuh.

"Perhitungan tepat itu agar tanaman mencegah kelaparan tapi juga membuat penggunaan yang paling efisien dari makanan mereka," kata Profesor Smith.

"Jika cadangan pati digunakan terlalu cepat, tanaman akan kelaparan dan berhenti tumbuh pada malam hari. Jika cadangan yang digunakan terlalu lambat, sebagian pati akan sia-sia," jelasnya. (umi)

Ilustrasi tanaman.

Ada Tanaman Menjerit di Israel

Ada tanaman menjerit di Israel. Suara yang dikeluarkan mirip seperti gelembung di 'bubble wrap' yang meletup.

img_title
VIVA.co.id
9 April 2024