India Bisa Sadap Pesan BlackBerry

Peluncuran Blackberry Z10
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar

VIVAnews - Penegak hukum India segera bisa menyadap e-mail sampai percakapan di perangkat BlackBerry. Kewenangan ini diperoleh India setelah sengketa panjang pemerintah dengan perusahaan berpusat di Kanada itu.

Tak Melulu Konsumsi Pil Vitamin, Ini 5 Buah yang Mengandung Vitamin C Tinggi

Informasi ini dilansir Times of India berdasarkan sebuah dokumen internal dari Departemen Telekomunikasi India, pada 10 Juli 2013.

Namun, pemerintah India sepertinya membatalkan permintaan bisa mengakses e-mail korporat BlackBerry melalui BlackBerry Enterprise Server. Pihak penegak hukum sepertinya cukup dengan informasi identitas korporat yang menggunakan jasa tersebut.

Seorang juru bicara BlackBerry menyatakan, perusahaan telah memberikan solusi yang memungkinkan penegak hukum menyadap pengguna BlackBerry termasuk yang menggunakan BlackBerry Messenger (BBM) dan e-mail melalui BlackBerry Internet Service (BIS).

"Akses legal yang tersedia di mitra carrier BlackBerry untuk memenuhi standar yang diminta pemerintah India bagi semua pelanggan pelayanan pesan di pasar India. Kami juga menggarisbawahi, sekali lagi, bahwa akses legal ini tidak menjangkau BlackBerry Enterprise Server," kata juru bicara itu.

Dokumen tersebut menyatakan, sembilan dari sepuluh provider telekomunikasi India yang memberikan pelayanan BlackBerry siap melaksanakan aturan ini.

BlackBerry sendiri telah mendirikan server dan fasilitas penyadapan pada 2011, setelah India mengancam menutup pelayanan BlackBerry di negeri itu, karena tak ada server mereka di negeri itu. BlackBerry juga akan melatih pegawai pemerintah untuk menangani arsitektur, operasional dan perawatan fasilitas pengawasan ini. (art)

Mendagri: Dewan Kawasan Aglomerasi Bukan Ambil Alih Kewenangan Pemerintahan Daerah
Lolly, putri sulung Nikita Mirzani

Tegas! Nikita Mirzani Coret Nama Lolly dari KK, Hak Waris, dan Asuransi: Sudah Gak Peduli!

Lolly sendiri saat ini sudah pulang ke Indonesia setelah tinggal lama di London, Inggris. Nikita Mirzani tahu anaknya itu pulang berdasarkan informasi dari sosial media.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024