Ini Universitas Swasta Paling Banyak Dirujuk di Internet

Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY)
Sumber :
  • http://sanggarpendidikanfisika.wordpress.com
VIVAnews
Park Serpong Jadi Lokasi Bukber Dispar Banten, Intip Potensi Bisnis dan Kontribusinya ke Daerah
- Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) menorehkan prestasi yang membanggakan setelah sebelumnya menjadi Perguruan Tinggi swasta dengan akreditasi A bersama dengan UII Yogyakarta. Pada tahun 2013 ini juga  bertepatan dengan bulan Ramadhan 1434 H kali ini, UMY kembali mendapatkan anugerah menjadi PTS terbaik se-Indonesia versi 4ICU.

Jokowi Imbau Warga Mudik Lebih Awal, Jumlahnya Naik 56 Persen

Ir. Nafi Ananda Utama, M.S, Sekretaris Universitas UMY mengatakan apa yang sudah dicapai oleh UMY adalah berkat kerjasama dan kerja keras seluruh civitas akademika. Selain itu, yang sudah dicapai juga tetap dipertahankan, bahkan jika perlu lebih ditingkatkan, termasuk dalam hal penilaian dari 4ICU.
Momen Ketua MK Semprot Kuasa Hukum KPU yang Puji-puji Hasyim Asy'ari


 "4ICU ini adalah penilaian secara independen. Kami tidak mengirimkan berkas-berkas untuk dinilai oleh mereka, tapi merekalah yang langsung menilai kami. Dan salah satu penilaiannya itu adalah berapa banyak sih orang-orang di luar UMY yang me-linkkan websitenya ke website kami," katanya Kamis 19 Juli 2012.


Namun menurut Nafi, penilaian dari segi website itu bukan berarti websitenya bagus atau tampilannya yang menarik. Akan tetapi, lebih pada institusi atau perguruan tinggi itu sendiri. Bagaimana sebuah universitas diminati dan dipercaya oleh masyarakat, itu dapat tercermin dari isi serta informasi yang diberikan pada masyarakat melalui websitenya.


"Tahun kemarin jumlah link yang ada ke website UMY berjumlah 30 ribu, dan tahun ini naik menjadi 54 ribu. Itu artinya banyak orang yang ingin mengetahui tentang UMY dan kepercayaan masyarakat terhadap UMY terus meningkat, baik itu di tingkat nasional maupun internasional," tuturnya.


Sementara itu,  Wahyudi, ST., M.T kepala Biro Sistem Informasi UMY menjelaskan bahwa ada tiga komponen yang dinilai oleh 4ICU, yaitu Google Page Rank, Alexa Traffic Rank, dan Refering Domains. Dan dari ketiganya menurut Wahyudi, mengalami kenaikan yang cukup signifikan.


"Untuk Alexa cukup naik, jumlah Reffering Domains juga naik," katanya


Wahyudi juga mengatakan bahwa website UMY banyak memberikan informasi-informasi akurat tentang UMY kepada masyarakat. Ini juga yang kemudian menjadikan kepercayaan masyarakat terhadap UMY terus meningkat. Ia juga menyampaikan terima kasih kepada masyarakat dengan jadinya UMY sebagai PTS Terbaik se-Indonesia.


"Ini merupakan cerminan kepercayaan masyarakat kepada kami, hingga kami bisa meraih penghargaan ini," ujarnya.


Nafi juga menambahkan, tanggung jawab UMY sebagai perguruan tinggi dengan predikat  ini juga akan menjadi lebih besar. Namun menurutnya, pihaknya akan terus memberikan pelayanan-pelayanan terbaik pada masyarakat. "Silakan masyarakat menilai sendiri bagaimana kami. Tapi yang paling penting bagi kami adalah, berusaha memberikan yang terbaik pada masyarakat secara umum dan khususnya civitas akademika UMY sendiri." (eh)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya