Telkomsel Godok Aplikasi Lokal Siap Go Global

Telkomsel godok pengembang aplikasi lokal siap go global
Sumber :
  • Telkomsel
VIVAnews -
Bus Rosalia Indah Diduga Biarkan Sopir Kerja Lebih 8 Jam, Menhub Bakal Beri Sanksi
Vserv.mobi, penyedia jaringan periklanan mobile global, bersama dengan Mobile Marketing Association (MMA) baru-baru ini merilis laporan konsumen mobile Internet untuk wilayah Asia Tenggara tahun 2013.

Soal Sandiaga Kunjungi Rumah Prabowo, Gerindra Sebut Ada Gestur Politik

Di Indonesia, diketahui porsi pengguna yang gemar mengunduh aplikasi dan game lebih besar dari rata-rata pengguna di ASEAN, yakni 70 persen pengguna. Atau, lebih dari 2/3 pengguna mobile Internet suka berburu dan mengunduh aplikasi atau game sehari-hari.
Polri Sebut Angka Kecelakaan Mudik Lebaran 2024 Turun 12 Persen


Bak gayung bersambut. Ingin membangun ekosistem DNA
(Device, Network & Application)
secara berkesinambungan, Telkomsel menggelar Digital Creative Indonesia. Ini salah satu upaya Si Merah untuk membangun industri kreatif digital.


"Kami menggandeng para pengembang aplikasi lokal juga produsen ponsel di Indonesia. Kami ingin budaya Indonesia lebih dikenal di luar negeri dengan membawa aplikasi lokal go global," ujar Marina Kacaribu, VP Digital Lifestyle Telkomsel, di Jakarta, 27 Agustus 2013.


Melalui Telkomsel Applications Developer (Teman Dev), Telkomsel menggandeng pengembang muda untuk bersama-sama memperkenalkan 68 aplikasi lokal karya anak negeri yang sarat akan budaya Indonesia.


Marina mengatakan, dengan jumlah pelanggan lebih dari 125 juta nomor, jalur distribusi, media channel serta infrastruktur yang dimiliki, ia optimis industri konten digital bisa lebih bergairah.


"Kami ingin menolong young talent di Indonesia untuk mengembangkan bisnis mereka dan siap go global," tutur Marina.


Dia menjelaskan, Teman Dev bisa menjadi wadah luas untuk para pengembang lokal. Bukan inkubasi, ruang ini terbuka bagi siapa saja. Telkomsel hanya mengambil 30-50 persen laba dari tiap aplikasi yang dibeli pelanggan, sesuai perjanjian. Namun, tetap melalui proses seleksi.


Di dalam Taman Dev, ada delapan kategori aplikasi termasuk e-commerce, games, edutainment, entertainment, information, lifestyle, social media serta utilities.


Aplikasi-aplikasi ini siap dinikmati dengan cara menghubungi *500*68# dan mengakses
.


"Aplikasi-aplikasi itu bisa diunduh di beberapa platform sistem operasi, sebut saja Android, Blackberry, Symbian dan juga Web Portal. Kecuali Apple iOS karena metode pembayarannya berbeda, masih menggunakan kartu kredit," jelas Marina.


Pada kesempatan yang sama, Telkomsel juga meluncurkan Digital Creative Indonesia Competition
Kompetisi ini mencakup tiga kategori lomba, yaitu Aplikasi Mobile Paling Indonesia, Video Paling Indonesia, dan Kontributor Paling Indonesia. Kompetisi akan berlangsung hingga akhir Desember, dan pemenangnya diumumkan di bulan Februari 2014. (umi)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya