TEKNOLOGI

Trafik Global, Yahoo Belum Mampu Tundukkan Google

Per bulan, Google mencatat 1,2 miliar kunjungan unik.

ddd
Rabu, 28 Agustus 2013, 17:09 Muhammad Chandrataruna, Amal Nur Ngazis
Logo Yahoo [foto ilustrasi]
Logo Yahoo [foto ilustrasi] (metro.us)
VIVAnews - Pekan lalu, Yahoo dilaporkan mengalahkan Google untuk pertama kali dalam hal trafik data Internet di Amerika Serikat, sejak lima tahun terakhir.

Ya, di arena AS, Yahoo boleh bergaya. Tapi, jika menilik trafik global, Google masih berada di atas Yahoo, seperti dilansir TheVerge, hari ini.

Sebelumnya, perusahaan analis Internet ComScore melaporkan Yahoo mencetak 196.564.000 kunjungan (visit), sedangkan Google meraih 192.251.000 kunjungan selama Juli 2013 di AS.

Posisi penentu Yahoo itu berdasarkan trafik pengunjung unik (unique visitors) yang dirilis ComScore. Menurut data itu, keunggulan Yahoo hanya terjadi di AS.

Secara global, perusahaan analis itu memperkirakan Yahoo mendapatkan 724 juta kunjungan unik per bulan pada Juli, sementara Google mendapatkan 1,2 miliar kunjungan unik. Jelas Google masih perkasa dari Yahoo.

Data dari perusahaan analis trafik lain Compete turut menghitung trafik Yahoo dan Google. Hasilnya, Yahoo cuma mendapatkan 165 juta pengunjung unik pada Juli, sedangkan Google mengungguli Yahoo dengan 170 juta pengunjung unik.

Jika beralih ke kunjungan unik, kondisi berbalik, Yahoo unggul dengan 2,2 miliar kunjungan unik sementara Google hanya dua miliar.

Lain halnya dengan SimilarWeb. Perusahaan ini menghitung trafik Tumblr dan Yahoo dalam analisisnya. Sebagaimana diketahui, Tumblr baru-baru ini diakuisisi Yahoo dengan nilai Rp 10,73 triliun.

Menurut data SimilarWeb, Google memiliki 9,4 miliar kunjungan unik di AS, sedangkan Yahoo hanya menerima 2,4 miliar. Bertolak belakang dengan data ComScore.

Hitungan trafik global, lembaga ini mencatat Yahoo mencetak trafik 6,8 miliar kunjungan dan Google unggul sangat jauh dengan 41,2 miliar kunjungan.

Meski hanya unggul di AS dengan kategori yang terbatas, CEO Yahoo Marissa Mayer tetap mensyukuri hasil itu di tengah dominasi Google. Setidaknya, pencapaian Yahoo atas Google di bulan Juli belum pernah terjadi sebelumnya.

"Kami telah mencapai itu," jelas Mayer tanpa mengomentari lebih lanjut hasil trafik lain. Momentum itu, menurutnya bisa jadi titik balik Yahoo dalam meruntuhkan dominasi Google di jagat maya. (umi)


© VIVA.co.id
Share :  
Rating
KOMENTAR
KIRIM KOMENTAR

Anda harus login untuk mengirimkan komentar

 atau 
  
MOMENTUM
  • Info Momentum
Info Pemasangan Momentum:
Telepon: 021-5610-1555 / Sales
Email: salesteam@vivanews.com