Ini Dia 9 Kandidat CEO Microsoft Baru (I)

Satya Nadella
Sumber :
  • gigaom.com
VIVAnews -
Ekonomi Global Diguncang Konflik Geopolitik, RI Resesi Ditegaskan Jauh dari Resesi
Microsoft langsung gerak cepat setelah CEO Microsoft Steve Ballmer menyatakan segera pensiun dalam satu tahun mendatang. Raksasa perusahaan teknologi dunia itu kini sedang mencari siapa penggantinya.

5 Orang jadi Tersangka Baru Korupsi Timah, Siapa Saja Mereka?

Pertanyaan lain muncul, siapa yang benar-benar layak mengisi posisi kepala Microsoft? Dilansir Reuters, 31 Agustus 2013, beberapa nama eskekutif senior internal disebut-sebut akan menggantikan posisi Ballmer, meski tidak menutup kemungkinan orang luar perusahaan akan menduduki jabatan puncak itu.

John Thompson, direktur Komite Independen Microsoft yang juga mengepalai komite pencarian CEO baru mengatakan, penggantian eksekutif itu tidak akan berpengaruh pada rencana transformasi perusahaan sebagai perusahaan layanan dan perangkat.

Nah, soal pengganti Ballmer, salah satu analis dari perusahaan pendanaan McAdams Wright Ragen, Sid Parakh, mengharapkan pengganti dari kalangan internal. Tapi, analis dari IDC, Al Hilwa memprediksi pengganti Ballmer berasal dari orang luar.

Berikut ini adalah nama-nama kandidat dari internal Microsoft yang potensial menggantikan Ballmer. Nama-nama ini dikumpulkan berdasarkan pembicaraan kalangan analis dan internal Microsoft.

1. Satya Nadella
Wakil Presiden Eksekutif Cloud dan Enterprise



Kalangan yang mendukung Nadella menganggapnya sanagt mengerti seluk beluk perusahaan. 21 tahun berkarya di Microsoft, Nadella dianggap cakap dalam area server, data center, dan layanan online Microsoft.

Sementara yang tak mendukungnya menilai Nadella akan mengalami kesulitan dalam memaksakan otoritas lebih atas semua kekuatan Windows dan Office.

2. Tony Bates
Wakil Presiden Eksekutif Corporate Strategy



Dia adalah mantan CEO Skype, perusahaan video chatting yang diakuisisi Microsoft dua tahun silam. Dia dianggap bisa memajukan Microsoft. Pasalnya, perusahaan selama ini kesulitan mereplikasi layanan Internet yang dikembangkan Skype.

Namun, bagi kalangan lain yang kontra menganggap kemampuannya Bates selama di Skype belum cukup untuk menjalankan perusahaan software raksasa seperti Microsoft.

3. Terry Myerson
Wakil Presiden Eksekutif Sistem Operasi



Myerson dianggap figur yang bisa membawa karakter pengembangan startup bagi Microsoft. Sebelumnya, perusahaan situs software miliknya telah dibeli Microsoft pada akhir 90-an. Belum lama ini, ia diangkat Ballmer untuk menjalankan berbagai sistem operasi mulai dari windows PC, tablet, ponsel sampai produk konsol game Xbox.

Meski Myerson dipuji dalam membuat peranti lunak unit Windows Phone jadi lebih bersih dan bergaya, sayang, itu juga dianggap belum cukup. Nyatanya, Windows Phone masih berdarah-darah menghadapi kedigdayaan iOS dan OS Android.

4. Qi Lu
Wakil Presiden Eksekutif Search and Internet



Posisinya yang menjalankan divisi aplikasi dan layanan Microsoft saat ini, yang bertanggungjawab menempatkan bisnis peranti lunak besutan Microsoft ke Web, memberi peluang besar baginya menggantikan Ballmer.

Tapi, di bawah kepemimpinannya, mesin pencari Microsoft Bing yang sudah memakan dana miliaran dollar, masih belum mampu menggoyang dominasi Google. Ini bakal mengecilkan peluang Lu mendaki posisi CEO.

Bersambung ...

Esports: PUBG Mobile Sukses Gelar Turnamen Komunitas hingga Influencer selama Ramadhan
Mahfud MD

Mahfud MD Blak-blakan Soal Langkah Politik Berikutnya Usai Pilpres 2024

Mahfud MD, buka-bukaan mengenai langkah politik dia selanjutnya, usai pelaksanaan dari Pilpres 2024. Mengingat mantan Menkopolhukam RI tersebut bukan kader partai politik

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024