Komodo Silver Berbobot 50 Kg Gegerkan Kemayoran

Robot Komodo di IIMS 2013
Sumber :
  • VIVAnews/Amal Nur Ngazis

VIVAnews - Ada berbagai cara vendor aksesoris otomotif untuk menarik perhatian pengunjung Indonesia Internasional Motor Show (IIMS) 2013. Mereka mencoba menawarkan jasa atau barang yang mereka punya.

Terpopuler: Pengakuan Shin Tae-yong ke Ernando, Kata Pelatih Australia Usai Dihajar Timnas Indonesia

Salah satunya yakni prodsusen ban, GT Radial, yang menampilkan robot komodo sepanjang empat meter. Uniknya robot ini dirangkai dari barang bekas yaitu stick Playstation, botol air mineral, plastik motor, pipa paralon, dan pistol mainan. 

"Badannya dari bahan daur ulang, tapi mesinnya asli," kata Dede Kusyana dari komunitas Robotic Explorer, lembaga kursus edukasi robotika asal Jakarta Barat, Sabtu 21 September 2013. 

Waspada! Buaya Masih Berkeliaran di Kolam Ikan Milik Warga Medan Labuhan

Memang lembaga robotik itu disewa khusus GT Radial untuk menyambut IIMS 2013. Robot yang dinamai Safero Komodo ini disinkronkan dengan merk ban GT Radial yang bernama Komodo.

Bagian interior robot ini menggunakan mesin yang dijalankan dengan dua aki. Satu kapasitas 12 amphere untuk menghidupkan lampu dan menggerakkan robot, sedang aki 6 amphere lainnya berfungsi menggerakkan empat roda. 

Siswi SMA Negeri 2 Maumere Dilarang Ikut Ujian Gegara Nunggak Rp50 Ribu

Robot dengan bobot kurang lebih 50 kg itu memang terbukti menyita perhatian para pengunjung yang kemudian memotretnya. Berwarna silver, ia bisa bergerak maju mundur secara otomatis tanpa kendali remote control. "Kapasitas aki itu bisa memasok gerak selama satu jam," ujarnya. (kd)

 

Ilustrasi perkelahian dan pengeroyokan.

Detik-detik Pelaku Dugaan Pelecehan Seksual Anak di Bawah Umur Diamuk Massa

Saat hendak diamankan, massa yang geram sempat menghakimi pelaku berulang kali hingga babak belur. Bahkan polisi sempat dibuat kewalahan dengan banyaknay massa.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024