Mesin Cuci Robotik, 7 Menit Kendaraan Bersih Mengkilap

Mesin Cuci Robotik di IIMS 2013
Sumber :
  • VIVAnews/Amal Nur Ngazis

VIVAnews - Inovasi teknologi bukan hanya terjadi pada produk otomotif saja. Peningkatan teknologi juga melanda layanan cuci mobil. Bila saat ini merebak cuci mobil hidrolik, maka baru-baru ini telah dikembangkan cuci motor dengan menggunakan tenaga robotik.

Ganjil Genap Tidak Diterapkan bagi Kendaraan ke Merak Saat Mudik, Polri Ganti dengan Sistem Ini

Memang bukan menggunakan robot manusia, namun menggunakan lengan robotik untuk membersihkan motor atau mobil pengguna. PT. Sato Sara Semesta menciptakan solusi cuci motor robotik dengan menawarkan cuci kendaraan yang cepat dengan hasil yang bersih. 

"Sesuai SOP kami cuci motor maksimal 7 menit sudah kering dan bersih. Cuci motor 3 menit, dan pengelapan kurang lebih 4 menit dengan tenaga manusia," kata Moeljadi, pendiri dan pemilik mesin cuci robotik Sato di booth SATO, IIMS 2013, Kemayoran Jakarta, hari ini.

Sandra Dewi Ngaku Takut Tuhan, Suami Malah Korupsi Rp271 Triliun

Ia menambahkan cuci motor robotik ini sangat efisien dari cuci motor hidrolik yang butuh waktu 20-25 menit untuk pencucian. Bukan hanya kecepatan cuci saja, mesin ini menawarkan manajemen pencucian yang canggih. Mesin bisa memantau pencucian motor secara komputasi dan dapat secara realtime melaporkan rekap pencucian kepada pemilik mesin. 

"Mesin cuci menggunakan koneksi internet, WiFi. Gunanya memantau sensor lengan robotik apakah ada kerusakan atau tidak juga untuk mengirimkan laporan secara realtime pencucian ke pemilik outlet," kata dia.

Kowani Kaji Uji Materi Aturan Pembagian Harta Bersama yang Merugikan Perempuan

Perangkat cuci kendaraan robotik ini menggunakan empat elemen. Pertama programe logical control (PLC), panel semprot, komputer PC dan lengan robotik berbentuk caterpillar (ulat bulu).

Mesin Cuci Robotik di IIMS 2013

PLC merupakan bagian penyimpan data, perekam data pencucian sekaligus sebagai pusat jaringan internet. Panel semprot merupakan perangkat untuk mengatur penyemprotan air, sampo/sabun. Komputer PC menampilkan monitoring semua sensor lengan robotik pencucian, sensor kabel dan elektrik lain. Sementara lengan robotik berfungsi menyemprotkan air dan sampo dari berbagai arah, bawah atas, samping kanan dan kiri.

"Kekuatan semprotan air mencapai 10 bar. Besaran itu agar tidak merusak lapisan karet kendaraan dan juga memastikan tekanan bisa memaksimalkan kendaraan bisa bersih," terangnya. 

Untuk proses pengeringan, perusahaan itu memanfaatkan tekanan udara tingkat tinggi, sehingga dalam waktu 7 menit, kendaraan keluar dengan posisi sudah kering. "Jadi prinsip kerja mesin ini otomatis, tinggal pencet pengaturan panel semprot saja. Memang mash menggunakan tenaga manusia cuma untuk membantu pengelapan saja," tambah Moeljadi.

Meski mesin masih menggunakan tenaga manusia, ia mengklaim mesin buatannya itu lebih efisien dari cuci motor hidrolik. "Outlet pencucian dengan mesin ini hanya butuh 5 tim saja, mulai dari satu kepala outlet, 3 operator dan satu pembantu saja," tegasnya.

Sistem robotik juga bisa lebih tahan lama. Jika menggunakan sistem hdidrolik, dalam 50 jam kerja mesin, sistem dan tenaga manusia sudah loyo. "Nah kalau sistem robotik ini lebih baik. Jika sudah 5 ribu kerja jam, sistem akan memberi otentifikasi kepada monitor agar dilakukan perawatan," katanya. 

Moeljadi mengaku cuci kendaaan sistem robotik ini menjamur ratusan outlet di wilayah Jabodetabek. 

Hal yang membuat ia bangga, mesin karyanya itu sudah diekspor ke luar negeri yakni ke Vietnam, UEA, Polandia, India dan Afrika. "Kandungan komponen 80 persen lokal," katanya. (eh)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya