Zuckerberg: Internet Bisa 100 Kali Lipat Lebih Murah

Pendiri dan CEO Facebook, Mark Zuckerberg [foto ilustrasi]
Sumber :
  • famousface.us

VIVAnews - Pendiri Facebook Mark Zuckerberg membawa kabar gembira. Inisiator program Internet murah untuk seluruh warga dunia, Intrernet.org, berkomitmen mengupayakan akses Internet agar bisa didapatkan dengan harga 100 kali lipat lebih terjangkau alias murah.

Bagaimana caranya?

BMKG Sebut Gelombang hingga 2,5 Meter Bakal Terjadi di Perairan Indonesia, Ini Lokasinya

Dalam sebuah video baru yang di-post di situs jejaring besutannya itu, Zuckerberg mengungkapkan berbagai skema spesifik agar membuat akses Internet makin murah.

Dilansir NBCnews, Selasa 1 Oktober 2013, ia menjelaskan rencana Facebook dan perusahaan lain yang tergabung pada Internet.org. Misalnya, memperluas jangkauan antena dan relay, pembangunan infrastruktur yang mampu menjangkau daerah-daerah terpencil dengan efisiensi biaya dan jumlah menara.

Lantas setelah menjangkau ke daerah itu, supaya tambah murah lagi, Zuckerberg mengatakan, perusahaan akan memaksimalkan algoritma kompresi data. "Ini sangat penting guna memperkecil jumlah byte ketika mengunduh atau menonton video dari Internet," ujarnya.

Selain soal infrastruktur, menurut pria jebolan Universitas Harvard itu, perlu juga didorong dari sisi perangkat.

"Ponsel low-end dan ponsel yang menjalankan open source," Zuckerberg menegaskan.

Sedangkan dari sisi teknik, skema yang bisa dilakukan yaitu penangkapan data (catching data) ponsel, sehingga pengguna tidak melulu mengunduh. Dengan demikian, pengguna bisa menjaga biaya bandwidth tetap rendah dan meningkatkan daya tahan baterai.

Secara ringkas, pria kelahiran 14 Mei 1984 itu menawarkan pengurangan biaya koneksi Internet sampai 10 kali, kemudian dikombinaskan dengan pengurangan jumlah data yang dikirim sampai 10 kali. Dengan demikian akan menghasilkan peningkatan 100 kali lipat dalam keterjangkauan dan akses.

Menarik untuk ditunggu. Berikut video singkatnya:

Mobil Listrik Vinfast Pakai Sistem Sewa Baterai, Segini Biayanya

Baca juga:
Dominasi Skuad Timnas U-23 di Piala Asia, Menpora Dito Akan Terus Maksimalkan PPLP dan SKO
Aksi panggung Reza Artamevia dalam Soul Intimate Concert 2.0

Ajak Bernostalgia, Dewa 19 hingga Reza Artamevia Guncang Panggung Soul Intimate Concert 2.0

Dewa 19, Reza Artamevia dan Maliq & D'Essentials hibur penonton dengan deretan hits ngetop di panggung Soul Intimate Concert 2.0.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024