Asap Knalpot Mesin Diesel Ganggu Kemampuan Lebah Temukan Bunga

Lebah
Sumber :
  • corbis.com
VIVAnews
7 Negara yang Miliki Toilet Netral Gender di Dunia, Mayoritas di Asia!
- Tim peneliti dari University of Southampton, Inggris, menemukan kini kemampuan lebah madu untuk menemukan bunga mulai terhambat oleh bahan kimia yang ada di dalam knalpot.

Mengenal Empat Zaman yang Digambarkan dalam Ramalan Jayabaya

Melansir laman
Begini Cara Pilih Cushion Terbaik Biar Makeup Flawless
BBC , Jumat 4 Oktober 2013, berdasarkan hasil pengujian menunjukkan bahwa knalpot mesin diesel telah mengurangi kemampuan lebah madu mencium aroma bunga untuk dijadikan makanan.


Para peneliti mengungkapkan bahan kimia yang ada di knalpot mesin diesel mengandung bahan kimia yang dikenal dengan nama NOx. Bahan kimia itu yang membuat respon lebah terhadap bunga menjadi melemah.


"Penelitian ini merupakan bukti nyata bahwa kualitas udara bersih harus segera ditingkatkan. Kami menyadari polusi udara sangat berdampak bagi manusia, tapi Anda juga perlu tahu polusi udara juga mengancam makhluk hidup lain," kata Dr Tracey Newman, Neuroscientist dari University of Southampton.


Dalam penelitian ini para peneliti menelusuri efek kimia dari polusi udara terhadap lebah-lebah penyerbuk. Tim peneliti melakukan uji coba dengan meneteskan cairan gula di cairan kimia, hasilnya lebah masih bisa menjulurkan lidahnya ke arah cairan gula.


"Tapi, ketika cairan gula diteteskan ke ke bahan kimia yang dicampur dengan kimia NOx, lebah sama sekali tidak menjulurkan lidahnya. Itu menunjukkan NOx telah membuat aroma gula terdegradasi dan tidak mampu dicium oleh lebah," jelas Newman.


Newman juga menyampaikan penelitian ini bertujuan untuk menyoroti kebutuhan akan pengurangan polusi udara dan segera meningkatkan kualitas udara. Tindakan harus dilaksanakan untuk meningkatkan kesehatan manusia dan para lebah-lebah penyebuk.


"Polusi udara sangat mempengaruhi dan berdampak pada terganggunya evolusi yang terjadi di tumbuhan dan hewan," tutup Newman. (eh)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya