Pencetus "Partikel Tuhan" Raih Nobel Fisika 2013

partikel tuhan simulasi dari komputer
Sumber :
  • http://www.rinagu.com
VIVAnews -
Pengemudi yang Gagal Drift hingga Tabrak Starling dan Ojol Diamankan Polisi
Partikel 'Higgs Boson', atau sering disebut dengan istilah "Partikel Tuhan," akhirnya mengantarkan dua penelitinya meraih hadiah Nobel Fisika tahun 2013.

TERPOPULER: Ramalan Zodiak Hingga Anemia Aplastik yang Diderita Babe Cabita

Melansir
Kapolres-Wali Kota Jaksel Kompakan Patroli Malam Takbiran Pakai Motor
TCSM, 9 Oktober 2013, dua ilmuwan itu adalah Peter Higgs berasal dari Inggris dan Francois Englert dari Belgia.


Keduanya berbagi Nobel Fisika untuk pencetusan hipotesis tentang partikel 'Higgs Boson' yang merupakan perantara yang paling memungkinkan terbentuknya bintang, planet, juga kehidupan.


Lalu, institusi ilmiah CERN coba membuktikan hipotesis itu. Hasil eksperimen yang dilakukan tim ilmuwan LHC dan ATLAS dari CERN pun berhasil mengkonfirmasi keberadaan dari 'Higgs Boson'.


Atas pembuktian teori ini, banyak ilmuwan yang kemudian mengusulkan Peter Higgs layak menerima Nobel. Salah satu ilmuwan itu adalah Stephen Hawking, ilmuwan fisika terkenal.


"Saya kewalahan menerima penghargaan ini dan mengucapkan terima kasih kepada Royal Swedish Academy. Saya berharap pengakuan ini bisa menjadi ilmu dasar yang membantu meningkatkan kesadaran akan penelitian di langit biru," kata Higgs.


Sementara menurut Rolf Heuer, Direktur Jenderal CERN, penemuan "Partikel Tuhan" di laboratorium CERN pada tahun lalu, menandai puncak dekade dari upaya intelektual yang dilakukan banyak orang di Bumi.


"Saya sangat senang Hadiah Nobel Fisika tahun ini diberikan kepada partikel Higgs Boson," kata Heuer.


Hadiah Nobel yang didirikan oleh industri Swedia dan Alfred Nobel ini akan diserahkan kepada Francois Englert dan Peter Higgs pada 10 Desember nanti.


Masing-masing penerima hadiah Nobel juga akan mendapatkan uang senilai US$1,2 juta, atau setara Rp22,2 miliar.



Francois Englert (kiri) dan Peter Higgs.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya