FOTO: Tumpukan Apple 1 Buatan Steve Jobs dan Wozniak

Steve Jobs dengan Komputer Macintosh
Sumber :
  • macworld.com
VIVAnews -
Cegah Informasi Simpang Siur, Jemaah Haji Diimbau Tak Bagikan Kabar Tidak Benar di Media Sosial
Sebuah foto yang sebelumnya tidak pernah dipublikasikan menunjukkan komputer pertama raksasa teknologi Apple, Apple 1, tertumpuk di kamar tidur Steve Jobs dan siap untuk dijual.

Usulan Kejaksaan Izinkan Lima Smelter Perusahaan Timah Tetap Beroperasi Disorot

Melansir
Mahfud MD Blak-blakan Soal Langkah Politik Berikutnya Usai Pilpres 2024
Daily Mail, 18 Oktober 2013, hasil jepretan kamera itu diambil pada tahun 1976, ketika Jobs masih berumur 21 tahun bersama temannya Wozniak, merakit 50 komputer Apple 1 di kamar tidur tamu, di rumah orangtua Jobs.


Yang menarik, foto itu adalah sebuah gambar yang menceritakan awal sederhana dari pembuatan produk Apple, yang sekarang menjelma sebagai raksasa teknologi terkenal di dunia yang memiliki pendapatan £60 miliar, atau setara Rp1.095 triliun.


Diduga foto itu diambil oleh Jobs sendiri. Di dalam foto tampak sebuah gambar dua tumpukan kardus Apple 1 berjumlah 50 unit, sebuah monitor di atas lemari, dan perangkat solder yang berada di meja.



(Klik di sini untuk memperbesar)

Sekarang, komputer Apple 1 menjadi komputer legendaris yang diburu banyak orang, terlebih ketika Jobs wafat pada Oktober 2011. Rekor penjualan termahal tercipta pada bulan November tahun 2012, yang mana Apple 1 laku dengan harga Rp6,3 miliar.


Menurut Uwe Breker dari rumah lelang Team Breker di Jerman, Apple 1 adalah produk terbaik yang pernah tercipta di era 1970-an. Foto itu menunjukkan bahwa sebelum menjadi perusahaan besar, Apple dibangun dari tempat yang sederhana.


"Sampai saat ini, asal-usul foto itu belum diketahui. Foto didapat dari seorang pemilik Apple 1 yang membelinya 30 tahun lalu," kata Breker.



Komputer Apple 1. (Klik di sini untuk memperbesar)

Komputer Apple 1 memang terlihat sangat aneh dari pada produk-produk Apple saat ini. Komputer dibuat terpisah antara monitor, keyboard, motherboard, dan pemutar lagu. Apple 1 hanya memiliki kapasitas memori 8K, untuk menyimpan satu lagu pun tidak cukup.


Rumah lelang Team Breker akan melelang sebuah komputer Apple 1 dengan nomor produksi 46 pada 16 November nanti. Kardus dan motherboard dari Apple 1 sudah ditandatangani oleh Wozniak. Wozniak juga sudah mengkonfirmasi bahwa tanda tangan itu adalah asli miliknya.


"Banyak yang memprediksi, komputer Apple yang bernomor seri 46 ini bisa memecahkan rekor dunia. Diharapkan bisa laku sebesar £500.000 (setara Rp7,6 miliar)," tutup Breker.



Kardus komputer Apple 1.


Steve Wozniak dan komputer Apple 1 buatannya.


Steve Wozniak menandatangani komputer Apple 1 yang akan dilelang Breker.


Wajah komputer Apple hari ini: iMac berlayar tipis plus 'magic mouse' yang bisa mengontrol layar cukup dengan gestur. Inilah penjelmaan komputer Apple 1 di era modern. Terima kasih, Jobs.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya