Bangun Data Centre, XL Tiru Konsep Google

Cloud computing
Sumber :
  • http://blog.jagoanhosting.com

VIVAnews - Sejak satu tahun belakangan ini, PT. XL Axiata, Tbk menggarap lini komputasi awan guna menghadapi meledaknya tren big data dalam beberapa tahun ke depan.

Sopir Taksi Online yang Todong Penumpang Wanita dan Minta Rp 100 Juta Ditangkap saat Tidur Pulas

Salah satu langkah yang ditempuh XL yakni membangun data centre dalam negeri dengan target seluas 8.000 meter persegi.

"Target data centre itu kami perkirakan sebelum akhir tahun 2014," ujar GM M2M dan Cloud XL, Arkav Juliandri, usai peluncuran aplikasi jejaring sosial lokal di Jakarta, kemarin malam.

Prabowo Ingin Bentuk 'Executive Heavy" dengan Rangkul Semua Parpol, Kata Peneliti BRIN

Data centre XL saat ini, kata dia, sudah membangun data centre di Surabaya (2.400 meter persegi), dan sedang dalam tahap perencaaan di Bintaro (1.200 meter persegi) dan Pekan Baru (850 meter persegi).

"Tiga poros Surabaya-Bintaro-Pekan Baru seperti poros data centre Google yaitu AS, Tokyo dan Singapura," kata Arkav.

Perjuangan Dinda Kanyadewi Main Film Badarawuhi di Desa Penari, Make Up sampai 6 Jam

Guna mendorong penerapan data centre dalam negeri, XL menyewakan sebagian area data centre kepada publik. Untuk data centre Surabaya, XL berkomitmen untuk menetralkan data centre, artinya terbuka bagi semua jenis perusahaan untuk menyewa fasilitas itu.

"Misalnya yang di Surabaya kami sewakan, siapapun yang mau pakai bahkan operator telekomunikasi juga nggak apa-apa," kata dia. 

Disebutkan data centre Surabaya terdiri dari 4 lantai denga 2 lantai disewakan, Bintaro (4 lantai, 2 lantai disewakan) dan Pekan Baru (1 lantai disewakan).

Arkav menyebutkan beberapa perusahaan yang sudah menyewa data centre XL itu meliputi perusahaan global, multinasional, lokal maupun start up (perusahaa rintisan) dari berbagai lintas sektoral.

Saat ini dengan membangun data centre seluas 2.400 meter persegi di Surabaya, XL menjadi penyedia layanan data centre nomor tiga di Indonesia setelah Telkom Sigma dan Biznet. (eh)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya