TEKNOLOGI

XL Ditinggal 700 Ribu Pelanggan BlackBerry

Terus merosot, jumlah pelanggan BB XL kini tersisa 3 juta.

ddd
Jum'at, 1 November 2013, 17:53 Muhammad Chandrataruna, Tommy Adi Wibowo
Samuel, pembeli pertama Blackberry Q10 di Indonesia [foto ilustrasi]
Samuel, pembeli pertama Blackberry Q10 di Indonesia [foto ilustrasi] (VIVAnews/Muhamad Solihin)
VIVAnews - Perlahan tapi pasti, jumlah pengguna ponsel BlackBerry di Indonesia terus merosot. Data dari XL menunjukkan, pengguna BlackBerry yang menggunakan kartu XL menurun hingga tujuh juta.

Jika di tahun 2012, pengguna perangkat BlackBerry XL mencapai 3,7 juta, di akhir tahun ini penggunanya tersisa 3 juta saja.

Angka itu berbanding terbalik dengan ponsel Android. Peningkatan pengguna ponsel Android sangat siginifikan. Saat ini, pengguna XL yang memakai ponsel bersistem operasi Android tercatat sekitar 3,5 juta pelanggan, dan terus bertumbuh.

"Ponsel-ponsel bersistem operasi Android semakin laku di pasar Indonesia. Pelanggan XL kini didominasi oleh pengguna ponsel Android, mengalahkan pengguna BlackBerry," kata Edward Kilian Suwignyo, GM Marketing Communication XL, saat ditemui di Indocomtech 2013, JCC, Senayan, Jakarta, 1 November 2013.

Dia menambahkan, saat ini, total pelanggan XL mencapai 58,1 juta, dan 59 persen atau sekitar 30 juta di antaranya adalah pelanggan aktif data alias Internet.

Sedangkan, pengguna data dari ponsel terdiri dari pengguna Android 3,5 juta, BlackBerry 3 juta, Symbian 2,1 juta, iOS (iPhone) 200 ribu, Windows Phone 100 ribu, dan OS lainnya.

"Dari data itu menunjukkan masyarakat di Indonesia semakin banyak yang beralih menggunakan ponsel Android. Dan, banyak pula pelanggan XL yang baru menggunakan ponsel Android masih bingung dengan penggunaan paket data yang digunakan," ujar Edward.

Dia juga mengatakan, pengguna layanan data antara ponsel Android dan BlackBerry berbeda. Ponsel Android menggunakan paket Internet kuota, sementara BlackBerry menggunakan paket BlackBerry Internet Service (BIS).

"Untuk mengatasi permasalahan itu, XL membuat program "Rumah Android" untuk memberikan edukasi khusus bagi pelanggan yang masih baru menggunakan Android. Rumah Android ini semacam Android assistant untuk membantu para pelanggan yang kebingungan," jelas Edward.

Layanan Rumah Android tersebar di seluruh XL Center di Indonesia, XPLOR, dan di situs resmi XL. Untuk pengguna media sosial Twitter, XL juga memberikan layanan edukasi melalui akun @XL123.


© VIVA.co.id
Share :  
Rating
KOMENTAR
KIRIM KOMENTAR

Anda harus login untuk mengirimkan komentar

 atau 
  
MOMENTUM
  • Info Momentum
Info Pemasangan Momentum:
Telepon: 021-5610-1555 / Sales
Email: salesteam@vivanews.com