Ditemukan Gunung Berapi Aktif di Antartika

Gunung di Kutub Selatan (Antartika)
Sumber :
  • decodedscience.com
VIVAnews -
Mantan Komandan IDF Sebut Netanyahu Bikin Israel Semakin Terpuruk
Sebuah letusan gunung berapi di Antartika bisa saja terjadi menembus lapisan es. Letusannya bahkan diperkirakan mampu mencairkan seluruh es yang ada di Kutub Selatan. Menyeramkan.

Pakaian Dalam Asal Bantul Siap Bersaing di Amerika dan Inggris

Kejadian itu bukan suatu yang mustahil. Melansir
Jokowi Resmikan Huntap hingga Proyek Infrastruktur Pascabencana di Sulteng
Science Recorder, 18 November 2013, tim peneliti dari Washington University di Saint Louis, AS, yang sedang meneliti di bagian barat Antartika tanpa sengaja menemukan gunung berapi aktif tertanam di kedalaman setengah mil di bawah permukaan es.


"Kami tidak menyangka bisa menemukan sesuatu yang menyeramkan seperti ini," kata Doug Wiens, profesor ilmu Bumi dan planet di Washington University di Saint Louis, AS.


Dia menuturkan, pada awalnya, penelitian hanya untuk mengukur aktivitas seismik di bawah Antartika. Pasalnya, pada Januari 2010 dan Maret 2011, telah terjadi dua semburan aktivitas seismik di bawah lapisan es.


"Saya dan tim peneliti mulai mengamati aktivitas seismik di bawah lapisan es Antartika itu, yang terjadi di lokasi yang sama. Saya juga mengetahui lokasi itu berdekatan dengan beberapa gunung berapi lain, tapi tidak berada di atas gunung berapi itu," ujar Amanda Lough, rekan peneliti dari Washington University di Saint Louis, AS.


"Kejadian seismik itu mungkin terjadi karena kebetulan. Tapi, kami mulai curiga akan keberadaan gunung berapi di dalam lapisan es Antartika," tambahnya.


Untuk membuktikan temuan gunung berapi tersebut, tim peneliti akhirnya melakukan pencitraan udara untuk menemukan lapisan abu yang terperangkap di dalam es. Sebab, itu merupakan ciri-ciri dari keberadaan gunung berapi.


"Hasil analisis mengungkapkan bahwa terdapat lapisan abu yang terkubur di dalam es. Menariknya, lapisan itu telah terperangkap di dalam es sejak 8.000 tahun yang lalu," ungkap Wiens.


Lalu, apakah gunung berapi itu berbahaya? Atau, gunung itu akan meletus?


Lough menjelaskan, gunung berapi berstatus aktif dan sewaktu-waktu pasti akan meletus. Jika dilihat dari lokasinya, sebuah letusan dari gunung berapi di Antartika akan mampu menembus dan mencairkan lapisan es.


"Bisa dipastikan jika gunung berapi itu meletus akan menciptakan jutaan galon air di dalam es dan mampu memenuhi danau-danau dengan air," tutup Lough.


Hasil penelitian ini telah diterbitkan di Jurnal
Nature Geoscience.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya