Tips Jitu Agar Karakter Game Tak Mudah Diretas

E3 2013, ajang pameran game bergengsi
Sumber :
  • REUTERS/Gus Ruelas

VIVAnews - Game online kini semakin menjamur. Bahkan dengan masuknya game ke ranah perangkat mobile memudahkan pengguna mencapai kenyamanan bermain.

Namun, masih ada tantangan yang harus dilalui bagi penikmat game online, yaitu keamanan saat bermain maupun keamanan secara sistem.

Hal ini disampaikan Rolly Edward, General Manager Xenom Indonesia dalam Seminar Legal Aspect on E-Commerce and Online Games, Rabu 20 November 2013.

"Saat ini, banyak game online yang sudah diretas. Bahkan karakter kita yang bermain saat online juga sudah bisa diretas," ujar Rolly di Exodus Cafe, Kuningan City Mall, Jakarta, 20 November 2013.

Untuk itu, ia berbagi tips pada para gamer agar terhindar dari upaya peretasan, yakni dengan mengamankan username dan password game online secara pribadi.

"Jangan pernah berikan password dan username ke siapapun. Ini aturan nomor satu," kata dia.

Selain itu, menurutnya, pengguna juga tidak boleh menganggap sepele soal keamanan perangkat, misalnya jangan meninggalkan akun pada komputer atau perangkat lain.

BMKG 'Tak Berkedip Mata' Pantau Potensi Tsunami Imbas Erupsi Gunung Ruang

"Spam yang masuk ke e-mail juga harus diperhatikan. Di sana banyak trojan dan tautan-tautan ke situs penipuan," ujarnya.

Aman dengan e-KTP

Terkait peningkatan sistem keamanan game online, Rolly berharap semua pihak terkait dengan game online bisa berkaca pada kemajuan Korea Selatan.

Untuk keamanan pengguna di dunia maya, Negeri Ginseng itu memiliki sistem keamanan sosial yang disebut Korean Social Security Number (KSSN). Dengan sistem ini, tiap pengguna yang ingin bermain game online diharuskan memasukkan verifikasi berbasis identitas diri (KTP).

"Di sana Anda bisa login dengan memasukkan nomor kartu identitas. Dan, nomor itu bersifat rahasia karena personal," kata dia. Menurut dia cara ini lebih aman, mengingat peretas akan berpikir dua kali untuk mengacak-acak game online. "Risiko mereka akan ketahuan lebih besar karena pakai KTP," ujarnya.

Untuk konteks Indonesia, dia berharap bisa mengadopsi sistem keamanan itu dengan basis e-KTP.

"e-KTP kita seharusnya sudah ready. Untuk mengarah ke sana nggak jauh. Kita bisa sampaikan proposal, bahwa industri ini lebih ingin secure. Jadi ingin memanfaatkan e-KTP," tambah dia.

Dengan sistem keamanan berbasis e-KTP ini, menurutnya perlindungan hukum bagi konsumen game bisa lebih terjamin dan lebih nyaman. (eh)

Sopir pontang-panting mengejar truk yang melaju sendiri.

Viral Truk Jalan Sendiri di Jalan Tol Kalikangkung, Sopir Pontang-Panting Mengejar

Sebuah truk pengangkut ekskavator berjalan sendiri di jalan tol Kalikangkung Semarang. Video truk jalan sendiri di tol Kalikangkung itu viral setelah diunggah akun IG.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024