Studi: 5.000 Tahun Lalu, Es di Greenland Pernah Lebih Kecil

Danau Es Greenland
Sumber :
  • Dok. Greenland Tourist Board
VIVAnews -
Kondisi Mengenaskan 5 Korban Kebakaran Toko Frame Mampang Jakarta Selatan
Anda pikir potongan es di Greenland semakin kecil sekarang ini? Asal Anda tahu, potongan es itu pernah lebih kecil dari hari ini. Sejarah mencatat potongan es terkecil di Greenland terjadi pada 3.000-5.000 tahun yang lalu.

Atasi Masalah Kepadatan di Penjara, Israel Usulkan Hukum Mati Tahanan Palestina

Hal itu diungkapkan para peneliti yang mempelajari sejarah lapisan es dengan menggunakan teknik baru yang mereka kembangkan sendiri untuk menafsirkan catatan fosil Arktik, seperti dilansir
Bakal Stop Beroperasi di Medan, SPBU Shell: Terima Kasih Buat Semua Pelanggan Setia Kami
Science Daily, Minggu 24 November 2013.


"Yang benar-benar menarik adalah apa yang terjadi di darat. Atmosfernya sangat hangat dalam kurun 9.000-5.000 tahun yang lalu, mungkin sampai akhir 4.000 tahun silam. Lautan dan samudera mengalami temperatur terpanas pada 5.000-3.000 tahun lalu," kata Jason Briner PhD, profiesor Geologi University Buffalo, yang memimpin studi ini.


"Lapisan es sangat bergantung pada temperatur laut. Itu bisa menjadi petunjuk untuk meramal apa yang akan terjadi di masa depan, di mana Bumi akan menuju ke sana lagi (menghangat). Ini bagian dari siklus Bumi," ujar Briner.


Studi ini tidak hanya penting untuk menjelaskan sejarah lapisan es Greenland, tetapi juga menyediakan alat baru yang penting pada para ahli geologi, yakni sebuah metode baru menggunakan fosil Arktik untuk mempelajari Greenland ketika frekuensi gletser yang terjadi sangat rendah belakang ini. "Pendekatan tradisional membutuhkan waktu lama dalam mengidentifikasi ketika lapisan es semakin kecil," kata Briner.


Temuan ini telah dipublikasi secara online pada Jurnal
Geology
pada 22 November 2013 silam. (eh)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya