Tri Siap Gelar Jaringan 4G LTE di Indonesia

Ilustrasi menara bersama
Sumber :
  • abc.net.au
VIVAnews -
MK Sebut Minim Pengalaman soal Amicus Curiae di Perkara Sengketa Pilpres
Teknologi 4G
Long Term Evolution
Bayar Pajak Kendaraan Sekarang Dapat Diskon
(LTE) dipandang sebagai solusi untuk menyediakan akses data atau Internet yang lebih cepat.
Blak-blakan, Putri Anne Ngaku Belum Bisa Move On dari Arya Saloka

Tapi, persoalannya, seberapa siapkah operator-operator telekomunikasi di Tanah Air untuk menggelar jaringan 4G LTE? Di sisi lain, regulasi untuk 4G LTE pun belum menemukan titik cerah.


Salah satu operator telekomunikasi yang menyatakan kesiapannya menggelar jaringan 4G LTE di Indonesia adalah 3 (Tri), operator GSM milik PT Hutchison 3 Indonesia.


Manjot Mann, Presiden Direktur Tri Indonesia menjelaskan, untuk siap menggelar jaringan 4G LTE, operator harus memenuhi dua syarat, yaitu dari sisi peranti keras dan spektrum.


"Untuk masalah peranti keras, kami siap menyediakan infrastruktur jaringan 4G LTE yang memadai untuk Indonesia," kata Manjot di Jakarta, Selasa 26 November 2013.


Dari sisi spektrum, Manjot menambahkan, di Indonesia masih belum jelas 4G LTE akan memakai spektrum apa. "Itu yang menjadi tantangan pemerintah agar mengeluarkan regulasi mengenai penggunaan spektrum untuk 4G LTE," ujarnya.


Saat ini, penggunaan 4G LTE di dunia banyak yang menggunakan spektrum 1.800 Mhz. Manjot berharap, di Indonesia juga menggunakan spektrum yang sama untuk 4G LTE.


"Dari 14.000 unit BTS milik Tri yang berada di spektrum 1.800 Mhz, 70 persennya sudah memiliki kecepatan 42 Mbps. Itu menunjukkan keseriusan kami menyediakan kualitas jaringan Internet yang terbaik," terang Manjot.


Senada dengannya, Wakil Presiden Komisaris Tri Indonesia, Erick Thohir, menyampaikan, penerapan 4G LTE di Indonesia hanya tinggal menunggu regulasi dari pemerintah.


"Kami berharap pemerintah menggunakan spektrum 1.800 Mhz (untuk 4G LTE di Indonesia). Tapi, intinya apa pun keputusan dan regulasi pemerintah, kami akan
comply
," ujar Erick. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya