Fosil Dinosaurus Laku Dilelang Rp7,8 Miliar

Fosil dinosaurus Diplodocus yang laku dilelang seharga Rp7,8 miliar
Sumber :
  • reuters.com

VIVAnews - Fosil dinosarus Diplodocus yang hidup di Amerika Serikat sekitar 160 juta tahun lalu telah terjual seharga US$651.100, atau setara Rp7,8 miliar, di rumah lelang Inggris.

Melansir Reuters, 28 November 2013, rumah lelang Summers Place Auction mengatakan pembeli fosil dinosaurus itu berjanji akan memajang fosil untuk publik.

Tapi, sayangnya para juru lelang enggan mengungkap siapa pembeli dari fosil dinosaurus tersebut. Pembeli fosil itu menginginkan identitasnya tetap anonim.

Menurut Error Fuller, juru lelang di Summers Place Auction, fosil dinosaurus Diplodocus yang dilelang itu memiliki bagian tubuh yang lengkap, dan keberadaannya sangat langka.

"Di dunia hanya ada enam kerangka dinosaurus Diplodocus yang berhasil ditemukan. Untuk menemukan fosil dinosaurus ini memerlukan faktor keberuntungan yang sangat tinggi," kata Fuller.

Fosil dinosaurus Diplodocus yang dilelang kali ini ditemukan oleh tim pemburu dinosaurus asal Jerman yang dipimpin oleh Raimund Albersdoerfer. Mereka secara tak sengaja berhasil menemukannya di sebuah daerah tambang di Wyoming, Amerika Serikat bagian barat.

"Dinosaurus yang memiliki panjang sekitar 17 meter dan tingginya hampir sama dengan bus tingkat ini adalah salah satu yang kerangka yang paling lengkap," ujar Fuller.

Sejak pertama kali ditemukan, fosil dinosaurus Diplodocus langsung dikapalkan ke Belanda untuk dibersihkan dan dirakit. Kemudian dikirim ke Inggris untuk dilelang dan mendapatkan "rumah" barunya. (ren)

Organisasi Liga Muslim Dunia Ucapkan Selamat ke Prabowo: Semoga RI Makin Maju

Ilustrasi Diplodocus ketika masih hidup di Bumi.

Pengakuan Erick Thohir dan PSSI soal Kinerja Shin Tae-yong
VIVA Militer Letkol Inf Ardiansyah alias Raja Aibon Kogila

Rekam Jejak Luar Biasa Raja Aibon Kogila 821 Hari Jadi Komandan Pasukan Tengkorak Kostrad TNI

Dari hidupkan kota mati di sarang OPM hingga sejahterakan prajurit.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024