Studi: Foto Pupil Mata Bisa Ungkap Misteri Kejahatan

Mata biru atau bulu mata lentik
Sumber :
  • iStock
VIVAnews
Terpopuler: Catherine Wilson Malu sampai Atta Halilintar Kirim Doa
- Mata tak hanya berfungsi sebagai indera penglihatan. Dengan bantuan teknologi terkini, foto pupil mata bisa digunakan untuk memecahkan misteri kriminal.

LIVE: Momen Bersejarah Raja Aibon Serahkan Tongkat Komandan Pasukan Tengkorak TNI ke Letkol Danu

Dilansir
Kendarai Sepeda Motor Baru, Pelajar SMA di Brebes Terlindas Truk 
The Verge , Sabtu 28 Desember 2013, peneliti psikologi dari Universitas York, Inggris, Dr Rob Jenkins dan Christie Kerr dari University of Glasgow, Skotlandia telah mengadakan sebuah studi yang menunjukkan potensi foto pupil itu.


Dalam studinya, mereka mensimulasikan foto kejahatan. Skema ini untuk menguji refleksi mata korban pada foto. Dalam simulasi, Rob dan Christie memfoto delapan orang yang tengah melihat empat orang di belakang kamera.


Foto mata delapan orang itu kemudian dianalisa dengan kamera resolusi tinggi. Dan hasilnya, peneliti mampu mengidentifikasi secara akurat gambar orang yang berada di belakang kamera tadi.


Akurasi disebutkan bisa membantu memecahkan peristiwa kriminal meski kualitas gambar buram.


Peneliti mengatakan forensik foto wajah ke depan dapat digunakan untuk mendukung tugas investigator kriminal. Sebab, terbukti foto wajah dapat menunjukkan pemandangan di sekitarnya. Tugas meringkus penjahat bisa lebih cepat terlaksana.


Namun demikian, untuk menghasilkan foto wajah yang bisa menjadi petunjuk jejak kejahatan, perlu ada catatan. Foto wajah harus dibuat dalam kamera resolusi tinggi. dalam simulasi peneliti menggunakan kamera Hasselblad dengan resolusi 39 MP.


Bukan itu saja, posisi pupil mata juga diharuskan menatap langsung kamera. Meski terbilang masih susah, tapi opsi ini bisa dicoba sebagai alternatif pemecah kebuntuan misteri kriminal. (eh)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya