Intip Empat Tren Teknologi Masa Depan

Samsung Galaxy Gear
Sumber :
  • mashable.com
VIVAnews - Ajang pameran teknologi terbesar di dunia, Consumer Electronics Show (CES), akan digelar pada 7 Januari 2014, di Las Vegas, Nevada, Amerika Serikat. Di ajang ini, perusahaan-perusahaan teknologi akan memamerkan produk barunya yang siap menjadi tren selama 12 bulan ke depan.
Religion Ministry Issues 75 thousand Visas for Indonesian Hajj Pilgrims

Dilansir laman Digital Trend, Senin 6 Januari 2014, ada beberapa tren teknologi yang akan muncul di ajang CES 2014. Mulai dari perangkat wearable, layar 4k, printer 3D, dan aplikasi home appliances.
Tayang Perdana Hari Ini 28 Maret 2024, Film "Keluar Main 1994" Siap Hibur Penonton

Ajang CES 2014 menjanjikan pangsa pasar besar bagi para produsen teknologi. Ribuan analis dan wartawan datang dari seluruh dunia untuk meliput kemunculan produk elektronik terbaru. Jadi, biasanya para produsen juga akan meluncurkan produk andalannya di ajang ini.
Setelah 9 Tahun, Jemaah Haji Iran Akhirnya Diperbolehkan Datang ke Mekah

Berikut empat tren teknologi yang akan muncul di ajang CES 2014.

1. Perangkat wearable

Perangkat wearable disebut-sebut bakal menjadi tren pada 2014. Perangkat digital ini bisa digunakan untuk menelepon, menerima panggilan telepon, mengecek email, SMS, hingga mengambil foto, dan merekam video.

Produk wearable yang mulai muncul di pasaran adalah jam tangan pintar, kaca mata pintar, perangkat kebugaran. Diprediksi, perangkat itu akan menjadi tren dalam waktu empat tahun ke depan. 

Samsung sudah meluncurkan jam tangan pintar Galaxy Gear, Apple juga berencana menghadirkan jam tangan pintarnya iWatch. Google tak mau kalah, perusahaan itu juga sudah patenkan jam tangan pintar sejak 2011. Namun, saat ini, Google lebih fokus untuk mengembangkan Google Glass terlebih dahulu.

2. Layar 4K

Layar 4K diprediksi semakin mendominasi di perangkat elektronik televisi. Layar 4K memiliki resolusi 3840X2160 pixel, atau berkategori ultra high LCD TV. Definisi ultra high ini memiliki tingkat pixel empat kali lebih baik dari ukuran standar 1080p HD.

Pasar TV 4K akan semakin luas. Itu dapat dilihat dari rencana Samsung, LG, Sony, dan Panasonic, yang siap memamerkan TV 4K di ajang CES 2014. 

Pengapalan TV 4K juga akan meningkat, pada 2013, sebanyak 1,9 juta TV yang laku terjual. Sementara itu, pada 2014, jumlahnya akan meningkat menjadi 12 juta unit. Peningkatan itu disebabkan oleh semakin kuatnya ekosistem TV 4K, sehingga membuat harganya semakin murah.

3. Printer 3D

Pada 2014, printer tiga dimensi (3D) yang mampu mencetak barang jadi kian populer, baik di kalangan industri manufaktur, dunia medis, maupun perorangan.

Presiden dan CEO Consumer Electronics Association, Gary Shapiro, mengatakan, ajang CES 2014 akan dibanjiri oleh produk-produk mesin pencetak 3D. Bahkan, CES menyediakan ruang khusus untuk menunjukkan kecanggihan dari printer 3D, yaitu 3D Printing TechZone.

Salah satu produsen besar yang siap memamerkan printer 3D di ajang CES 2014 adalah MakerBot, Sony, dan Samsung. Sementara itu, salah satu pemain besar, 3D System, akan meluncurkan selusin printer 3D yang mampu menciptakan makanan, minuman, dan keramik.

4. Home appliances

Home appliances adalah perangkat rumah yang mampu terhubung dengan Internet, seperti microwave, mesin cuci piring, TV, AC, lampu dan lainnya. Perangkat itu bisa dikoneksikan dengan ponsel pintar dan tablet.

Samsung, Philips, dan LG, sudah menciptakan koneksi Internet ke dalam produk-produk home appliances-nya. Perusahaan itu juga akan memperkenalkan produknya di ajang CES 2014.

Tak lama lagi, impian peralatan rumah yang bisa dikontrol dari luar rumah semakin menjadi kenyataan. (art)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya