CES 2014, Intel Pamer Komputer Mini Seukuran Kartu SD

CEO Intel Brian Krzanich memperkenalkan Intel Edison pada CES 2014
Sumber :
  • engadget.com

VIVAnews - Perusahaan semikonduktor AS, Intel memanfaatkan panggung Consumer Electronic Show (CES) 2014 di Las Vegas untuk unjuk gigi.

CEO Intel Brian Krzanich mengumumkan kehadiran perangkat komputasi unik seukuran SD card, yang dinamai Edison. Saking kecilnya, komputer itu bisa disisipkan di dalam dompet.

Dilansir The Verge, Selasa 7 Januari 2013, ukuran yang super mini itu memungkinkan dipasang pada kamera atau perangkat keseharian lainnya.

Edison merupakan komputer Pentium yang disematkan sistem chip Quark dual-core dengan arsitektur 22 nanometer, mendukung sistem Linux maupun open source. Untuk konektivitas, perangkat dilengkapi Wi-Fi, Bluetooth.

Perusahaan tampaknya juga tak sekadar unjuk inovasi saja dengan merilis Edison. Intel mengatakan telah memiliki pusat aplikasi khusus untuk Edison.

Belum cukup di situ, Intel juga melengkapi Edison dengan program bahasa khusus, Wolfram untuk komputer super mini.

Komputer mini ini juga dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Dalam demonya, Intel menunjukkan Edison dapat digunakan pada perangkat pemantau bayi yang dilengkapi dengan sensor suhu kulit, pernafasan, posisi tubuh dan aktivitas bayi.

Edison dapat menggunakan tampilan sensor pada semua hal yang berada di dekat sang bayi, misalnya cangkir minuman. Misalnya, saat bayi merasa nyaman, maka cahaya di cangkir menunjukkan penanda senyum wajah berwarna hijau.

Sebaliknya, jika terdapat sesuatu yang salah pada bayi itu, maka akan muncul tampilan wajah merah. Komputasi ini juga dapat dipakai lebih bagus pada botol minuman bayi, yang bisa menandakan kapan waktu makan yang tepat untuk sang bayi. (eh)

Hadiri Buka Puasa Partai Golkar, Prabowo-Gibran Duduk Semeja dengan Airlangga

Pertemuan Presiden Jokowi CEO Freeport McMoran Richard C Adkerson. (foto ilustrasi)

Freeport Boss Meets Jokowi to Discuss Mining Contract Extension

Indonesian President Joko Widodo (Jokowi) received a visit from officials of mining company Freeport McMoran at the Merdeka Palace, Jakarta, on Thursday.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024