Meledak, Game Flappy Bird Raup Rp600 Juta

Tampilan game Flappy Bird
Sumber :
  • mashable.com
VIVAnews -
Legislator Soroti Daya Beli Gen Z di Jakarta, Bisa Berkontribusi Besar Kendalikan Inflasi
Permainan Flappy Bird, yang kini tengah digandrungi pemilik gadget berbasis OS Android dan Apple iOS, kini sudah dapat dimainkan di OS Windows. Game tersebut muncul di situs Windows Phone.

Cekcok Hebat dan Bergumul di Kamar, Suami Sadis Ini Tega Bunuh Istri Pakai Obeng

Padahal, si pencipta permainan itu, Dong Nguyen, baru menciptakan untuk layanan gadget Apple dan Android. Dilansir dari kantor berita
9 Menu Buka Puasa Unik dari Berbagai Negara, Bikin Ngiler dan Penasaran!
BBC , Minggu 9 Februari 2014, game Flappy Bird versi Windows dikembangkan oleh IG Mobile.

Dirilis pada Mei 2013, permainan ini telah meraih popularitas yang begitu cepat dan dipromosikan oleh hampir semua pengguna media sosial. Tak pelak, Flappy Bird tecatat sebagai game gratis nomor satu di daftar Apple App Store dan Google Play Store.


Si pembuat game tersebut, Nguyen, pada Jumat lalu meminta maaf kepada para pengguna gadget berbasis Windows Phone, karena belum secara resmi membuat permainan itu untuk dapat dimainkan di platform tersebut.


"Saat ini, saya tengah mewujudkan hal itu," kicau Nguyen di akun Twitter-nya.


Dalam sebuah wawancara dengan
BBC,
Nguyen mengatakan, untuk bisa menciptakan game itu hanya dibutuhkan waktu tiga hari. Dan dari permainan itu, dia bisa meraup iklan senilai hampir US$50 ribu (setara Rp608 juta).


Dan, hingga saat ini, game itu telah diunduh sebanyak 50 juta kali.


Nguyen sukses membuat pencinta game kesal sekaligus kecanduan dengan permainan sederhana tersebut. Hal itu terbukti dari celotehan mereka di dunia maya.


Sebelumnya, Nguyen sempat dituduh oleh seorang pengembang aplikasi iOS dan ahli pemasaran aplikasi, Carter Thomas, bahwa game buatan pria asal Vietnam itu dibantu bot untuk promosinya. Sebab, menurut Thomas, tidak mungkin sebuah game bisa langsung populer hanya kurun waktu enam bulan.


Namun, hal itu langsung dibantah sendiri oleh para pencinta game Flappy Bird. Menurut mereka, popularitas Flappy Bird dibantu oleh media sosial, salah satunya sebuah tinjauan yang dilakukan oleh pengguna dengan ID PewDiePie di situs YouTube.


PewDiePie merupakan kanal YouTube milik seorang pria asal Swedia yang memiliki lebih dari 21 juta
subscribers
. Dari tinjauan yang dia buat itulah publik mulai mengenal Flappy Bird.


Dalam sebuah surat elektronik yang dikirimkan ke Chocolate Lab Apps, Nguyen juga sudah membantah hal tersebut. Dia menyebut keberhasilan game besutannya karena faktor keberuntungan semata. 


Sementara itu, juru bicara Microsoft mengatakan, perusahaannya tengah melakukan penyelidikan terkait game Flappy Bird yang tersedia dalam versi Windows. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya