Peneliti Temukan Protein Anti Penuaan

Ilustrasi wanita botak
Sumber :
  • iStockphoto

VIVAnews - Peneliti di Institut Nasional Penuaan di Amerika Serikat berhasil menemukan cara agar gmempertahankan usia kehidupan. Peneliti telah menemukan protein, dinamakan SIRT1, yang berhasil memperpanjang usia pada tikus.

Melansir dari Daily Mail, Senin 3 Maret 2014, pil dengan protein ini terbukti mendukung kesehatan sebab mampu menurunkan kolesterol dan mengurangi diabetes yang muncul di usia tua.

Disebutkan meski penelitian dilakukan pada tikus, namun peneliti yakin hal ini bisa diterapkan pada manusia pada suatu saat nanti.

Penelitian yang dipimpin Dr Rafael de Cabo itu menguji dampak molekul kecil yang mengaktifkan protein SIRT1, disebut SIRT1720, pada kesehatan umur tikus.

"Di sini, untuk pertama kalinya kami menunjukkan aktivator sintetik SIRT1720 memperpanjang umur dan meningkatkan kesehatan tikus dengan pola makan standar," terang de Cabo.

Asia Business Council 2024, Menko Airlangga Kasih Bukti Ketahanan Ekonomi Indonesia

Diberi Suplemen

Tikus diberikan suplemen ini sejak usai enam bulan hingga sepanjang hidupnya. Kesuksesan itu, kata dia, bisa mendukung untuk memperbaiki beban penyakit metabolik dan kronis yang berhubungan dengan penuaan.

Peneliti juga menemukan, SIRT1720 secara siginifikan memperpanjang umur tikus hingga 8,8 persen.

Suplemen ini juga mengurangi berat badan dan persentase lemak tubuh tikus. Manfaat lain, meningkatkan fungsi otot dan koordinasi motorik sepanjang tikus hidup.

Protein SIRT1 dan SIRT2 dikenal berperan penting dalam metabolisme pada berbagai spesies. Keduanya melibatkan perbaikan DNA dan regulasi gen, kemungkinan membantu mencegah diabetes, penyakit jantung dan kanker.

Namun peneliti menegaskan penelitian ini mash tergolong sangat awal dan belum diuji pada manusia. (ren)

Kebakaran Toko Bingkai di Mampang, Karyawan Sempat Dengar Ledakan Sebelum Api Muncul
Menara Taspen (Arthaloka Building)

HUT Ke-61, Taspen Tegaskan Komitmen Genjot Kesejahteraan Masyarakat

PT Dana Tabungan dan Asuransi Pegawai Negeri (Persero) (Taspen) menegaskan komitmennya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dalam momen perayaan HUT ke-61.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024