Google Disebut Berminat Jadi Operator Telekomunikasi

Kampus Google di Los Angeles
Sumber :
  • REUTERS/ Lucy Nicholson
VIVAnews - Raksasa internet dunia, Google, dilaporkan tengah mempertimbangkan untuk memasuki bisnis baru, yakni menjadi operator telekomunikasi.
Mau Beli Toyota Rush GR Sport, Segini Cicilannya per Bulan

Disebutkan, layanan telekomunikasi Google bisa hadir pada pasar yang sama, dengan layanan akses internet cepat Google, Google Fiber. 
Presiden Jokowi Terima Kunjungan Menlu Cina Wang Yi

Melansir Androidauthority, Jumat 4 April 2014, rumor ini berkembang dari sebuah sumber yang mengklaim telah mendiskusikan hal ini bersama Google. 
Teuku Rifnu Wikana Ungkap Kronologi Tabrak Lari yang Menimpa Keluarganya

Sumber itu menyebutkan, sinyal tersebut terlihat setelah tahun lalu, Google berbicara dengan Sprint, perusahaan telekomunikasi asal Kansas, untuk meluncurkan jaringan mobile virtual (mobile virtual network operator/MVNO). Seperti diketahui, Sprint mengoperasikan jaringan nirkabel terbesar ketiga di AS. 

Layanan MVNO merupakan layanan telekomunikasi yang diberikan suatu perusahaan tanpa memiliki infrastruktur jaringan. Perusahaan ini hanya menumpang atau menyewa pada jaringan operator telekomunikasi (mobile network operator/MNO) yang sudah ada, dengan skema bisnis tertentu. 

Namun, belakangan, Google disebutkan telah lebih tertarik bekerja sama dengan Verizon Wirelss atau T-Mobile. 

Jika menggandeng Verizon, Google mendapatkan keuntungan. Verizon dikenal memiliki jangkauan luas di seluruh Amerika Serikat dan bisa memberikan layanan MVNO berbasis Verizon. 

Sementara itu, jika sepakat dengan T-Mobile, juga tak kalah menarik bagi Google. Pendekatan bisnis baru T-Mobiile, yang mengadopsi layanan ponsel nirkabel tampak lebih cocok dengan pendekatan Google. 

Sejauh mana peluang Google jika menjadi operator telekomunikasi memang tergantung pada layanan yang dihadirkan Google. Apakah nantinya layanan telekomunikasi itu termasuk atau terlepas dari Google Fiber. 

Spekulasi juga muncul, nantinya Google akan menawarkan layanan seperti panggilan, pesan,  dan data unlimited seperti yang dipraktikkan Republic Wireless, penyedia layanan komunikasi nirkabel AS. Layanan yang disebut layanan hibrid ini ditawarkan dengan harga yang terjangkau. 

Jika pengguna berada di luar jangkauan WiFi, bisa memanfaatkan sinyal 3G atau 4G dari operator Sprint. Layanan hibrid Google bisa menggunakan WiFi dari Google Fiber dan sinyal mobile reguler mitra Google nantinya. (art) 
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya